Rudi dan Marlin Dianugerahi Gelar Kebesaran Zuriat Kerajaan Riau Lingga

oleh
Wali Kota Batam, Muhammad Rudi dan Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina, dianugerahi gelar kebesaran oleh Perhimpunan Agung Zuriat dan Kerabat Kerajaan Riau Lingga. (Foto : Ist)

Sijori Kepri, Tanjung Pinang – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi dan Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina, dianugerahi gelar kebesaran oleh Perhimpunan Agung Zuriat dan Kerabat Kerajaan Riau Lingga. Muhammad Rudi dianugerahi gelar Dato’ Perdana Lela Mahkota. Sementara itu, Marlin Agustina dianugerahi sebagai Dato’ Wira Indera Puteri.

Penganugerahan atau penabalan gelar ini dilakukan di Pulau Penyengat Indera Sakti, Kota Tanjung Pinang, Sabtu, (27/11/2021).

Menurut Rudi, 5 (lima) tahun yang lalu ia juga pernah dianugerahi sebagai Dato’ Lela Bahari. Atas dua anugerah tersebut, Rudi yang juga Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam mengucapkan terima kasih.

“Makna penghargaan ini akan saya jaga,” ucap Rudi.

Ia memaknai, penghargaan ini akan menjadi memantik dirinya dalam mengemban amanah memimpin Batam. Terlebih peran Batam sangat penting bagi Provinsi Kepri pada umumnya.

“Seperti dari sisi ekonomi, Batam menjadi tumpuan atau tulang punggung bagi Kepri,” kata Rudi.

Sementara itu, Wagub Kepri, Marlin Agustina, mengatakan suatu kehormatan bagi dirinya menerima amanah yang cukup besar sebagai Dato’. Penabalan ini ia akui sebagai salah satu anugerah terbesar dalam hidupnya.

BACA JUGA  Karyawan BUMN di Greenland Housing Batam Positif Covid-19

“Perhelatan (kegiatan) ini juga merupakan perwujudan nyata, bahwa eksistensi Melayu masih menjadi tuan rumah di negerinya sendiri,” katanya.

Marlin juga mengutip pasal 11 pada Gurindam 12 karya tokoh masyhur Melayu Raja Ali Haji. “Hendaklah berjasa, kepada yang sebangsa”.

Kutipan pasal ini mengisyaratkan kepada manusia untuk selalu bisa bermanfaat kepada sesama. Sebagaimana Islam mengajarkan untuk saling memberikan manfaat dan saling mengingatkan pada kebaikan.

“Semoga amanah ini saya emban dengan baik. Dalam upaya menjaga budaya dan menjadi warisan untuk anak cucu kita kelak,” ujarnya. (Wak Dar)

Shares