, , ,

Rumah Sakit Khusus Infeksi COVID-19 Galang, Resmi Beroperasi

oleh
Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya TNI, Yudo Margono, mewakili Presiden RI meresmikan Rumah Sakit Khusus Infeksi COVID-19, Pulau Galang, Kota Batam. (Foto : Humas Polda Kepri)

Sijori Kepri, Batam — Rumah Sakit Khusus Infeksi COVID-19, Pulau Galang, Kota Batam, Provinsi Kepri, resmi beroperasi, Senin (6/4/2020). Peresmian dilakukan Presiden RI, diwakili oleh Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya TNI, Yudo Margono.

Peresmian dihadiri Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Kepri, Isdianto, Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budi Revianto dan Pangdam 1 Bukit Barisan Mayor Jendral TNI MS Fadilah, Komandan Korem (Danrem) 033/WP Brigjen TNI Gabriel Lema, Pangdam 1 Bukit Barisan Mayor Jendral TNI MS Fadilah, Ketua DPRD Provinsi Kepri, Jumaga Nadeak, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah, Kajati Kepri, dan Walikota Batam.

Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI, Yudo Margono, mengatakan, Rumah Sakit khusus ini sudah siap beroperasional sesuai dengan yang ditekankan oleh Presiden RI Ir H Joko Widodo, bahwa tanggal 6 April 2020 Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid-19 Pulau Galang ini resmi dapat dioperasikan.

”Harapan kita tidak ada masyarakat kita yang menjadi pasien di Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid-19 Pulau Galang ini, namun minimal kita siap,” katanya.

Yudo Margono melanjutkan, Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid-19 ini juga akan menerima pasien rujukan dari RS yang ada di Kota Batam. Tenaga medis yang ada di Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid-19 berasal dari TNI, Polri dan Relawan yang ingin mengabdikan dirinya sebagai tenaga medis (Kreteria tenaga medis relawan ditentukan oleh Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid-19).

Adapun total Keseluruhan petugas Medis, Paramedis dan Relawan RS Infeksi Pulau Galang, Kelurahan Sijantung, Kecamatan Galang – Kota Batam adalah sebanyak 244 (dua ratus empat puluh empat) orang.

Plt. Gubernur Kepri, H Isdianto, juga mengungkapkan, bahwa Keberadaan rumah sakit ini sendiri adalah keberuntungan bagi kita masyarakat Provinsi Kepri.

Polda Kepri sendiri mengirimkan 10 orang tenaga medis yang terdiri dari 3 perawat, 2 tim evakuasi (beranggotakan 6 pers) dan 1 analis kimia lab.

Sebelum melakukan peresmian, Pangkogabwilhan I bersama dengan Plt Gubernur Kepri, Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budi Revianto dan Pangdam 1 Bukit Barisan Mayor Jendral TNI MS Fadilah, melakukan peninjauan kesiapan bangunan, peralatan medis, serta dokter dan tenaga medis yang ada pada Rumah Sakit Khusus tersebut. (Wak Dar)

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]