Satpol PP Lingga Perlu Bimtek

oleh

– Guna Perkuat Kinerja Dilapangan

LINGGA (SK) — Firman ST, Kepala Seksi Pengamanan dan Pengawalan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Lingga, menilai, Pemerintah Kabupaten Lingga perlu memperkuat kinerja Satpol PP, dalam usaha penegakan Peraturan Daerah (Perda) kedepan, dikarenakan, kerja Satpol PP sepanjang periode lalu terkesan tidak efektif, dan banyak peraturan yang dibuat oleh Daerah tak mampu diterapkan secara maksimal.

“Dalam melaksanakan fungsi pengamanan Perda, anggota Satpol PP masih membutuhkan bimbingan teknis dan penyuluhan hukum, agar tidak menyalahi prosedur dalam melaksanakan tugas,” ujarnya, kepada awak media, Jum’at (12/2/2016).

Beberapa bidang yang cukup penting, kata Firman, diantaranya Perda Ketertiban, Ketentraman dan Kebersihan (K-3), anggota perlu mendapat bimbingan salah satunya menyangkut Perda K-3, untuk menjalankan Perda tersebut, hendaknya seluruh anggota Satpol PP mendapat pelatihan serta penyuluhan hukum.

BACA JUGA :  Lis Buka Bimtek dan Sertifikasi Kompetensi Budaya Dokumentasi

“Dengan mendapat bimbingan, diharapkan, dalam melaksanakan tugas dan fungsi dilapangan tidak berbenturan dengan hukum,” terangnya.

Saat ini, kerja Satpol PP yang tampak dimata masyarakat Kabupaten Lingga, lanjut Firman, hanya sebatas menjaga keamanan wilayah perkantoran dan Gedung Daerah, sementara untuk kegiatan lain, seperti patroli penertiban masih sangat minim, bahkan, untuk penertiban kios liar yang biasa dilakukan lembaga serupa di daerah-daerah lain, jarang sekali dilakukan Satpol PP di Kabupaten Lingga.

“Hal tersebut sangat beralasan, mengingat anggota Satpol PP yang menguasai aturan hukum dan fungsi pengamanan di Kabupaten Lingga, masih sangat minim, dan untuk jumlah Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) di Lingga, hanya ada beberapa orang saja,” paparnya.

BACA JUGA :  Dinsosnaker Tanjungpinang Gelar Bimtek Pendamping RTLH

Jika pelatihan dan bimbingan dapat diberikan, ucap Firman lagi, kedepan, Pol PP Lingga akan lebih profesional, dan tidak gegabah dalam menjalankan tugas dan fungsinya, dan tidak berbenturan hukum, karena masyarakat Kabupaten Lingga sangat memahami sekali masalah hukum, serta Perda dan Perbup dapat dijalankan sesuai amanahnya.

“Untuk itu, kita sangat berharap anggota Pol PP Kabupaten Lingga diberi pembekalan melalui Bimtek, guna mengemban tugas di lapangan,” tuturnya.

Untuk itu, Firman, merencanakan akan diajukan pada APBDP Lingga Tahun 2016, pada Bupati dan Wakil Bupati Lingga terpilih dapat kiranya mengakomodir masalah ini.

“Pada APBD Lingga Tahun 2016 ini, Pol PP cuma ada beberapa kegiatan yang dapat dilaksanakan, karena sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD),” imbuhnya. (SK-Pus)

BACA JUGA :  SAR Natuna Gelar Rapat FKP3 Tingkat Daerah
Satpol PP ketika mengawal aksi unjuk rasa beberapa waktu lalu (Foto: Puspandito)
Satpol PP ketika mengawal aksi unjuk rasa beberapa waktu lalu (Foto: Puspandito)
Shares

No More Posts Available.

No more pages to load.