, , , ,

Satu Lagi Jemaat Gereja Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Batam

oleh
Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Batam, yang juga Wali kota Batam, HM Rudi. (Foto : MC Batam)

Sijori Kepri, Batam — Ketua Gugus Tugas COVID-19 Kota Batam, yang juga Walikota Batam, HM Rudi, Kamis, (28/5/2020), Puku 17.00 WIB, menyampaikan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 Kota Batam terbaru. Data ini merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim Analis BTKLPP Batam, berdasarkan hasil tracing closes contact yang terus berlangsung dari cluster terkonfirmasi positif Nomor 49 yang saat ini berada dalam perawatan di ruang isolasi rumah sakit swasta di Kota Batam.

“Dengan bertambahnya kasus pasien terkonfirmasi positif hari ini, total sudah 110 pasien Covid-19 di Batam,” kata Rudi.

Terkonfirmasi positif Covid-19 pada kasus ini adalah 1 (satu) seorang laki-laki berinisial “Tn.PZ” usia 33 Tahun, Swasta, beralamat di kawasan perumahan Bukit Palem Permai Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 110 Kota Batam.

Yang bersangkutan merupakan jemaat pada salah satu gereja di Kota Batam, dan pernah closes contact dengan temannya terkonfirmasi kasus positif nomor. 49 dan pendetanya yang merupakan terkonfirmasi nomor 82 pada saat pertemuan dalam rangka persiapan ibadah online.

“Menindaklanjuti hasil tracing terhadap kasus Nomor 49 dan 82 tersebut, kepada yang bersangkutan dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan pertama pada tanggal 19 Mei 2020 yang hasilnya diketahui pada tanggal 22 Mei 2020 dengan terkonfirmasi “Negatif”. Kemudian pada tanggal 23 Mei 2020 dilakukan kembali pemeriksaan Swab tenggorokan kedua yang hasilnya diketahui pada hari ini dengan terkonfirmasi “Positif”,” jelas Rudi.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini dalam persiapan untuk dilakukan perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSUD Embung Fatimah Kota Batam.

Sesuai dengan hasil penyelidikan epidemiologi yang dilakukan terhadap seluruh cluster Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kota Batam, diperoleh kesimpulan sementara bahwa masih mungkin terjadi pertumbuhan kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai cluster yang ada ataupun kasus baru yang terjadi baik dari transmisi lokal maupun impor.

“Hal ini mengingat masih banyak ditemui masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi protokol dan imbauan Pemerintah guna menekan laju pertumbuhan kasus penyakit Covid-19,” kata Ketua Otorita Batam ini.

Selanjutnya diingatkan dan dihimbau kembali kepada seluruh masyarakat Kota Batam guna kemaslahatan bersama agar tetap mengikuti anjuran Pemerintah untuk menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap dirumah saja dan mengenakan masker jika terpaksa harus keluar rumah, serta selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolah raga secara teratur serta istirahat yang cukup. (Wak Dar)

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]