,

SDM Amil Zakat Dituntut Unggul

oleh
SDM Amil Zakat Dituntut Unggul 1
Sekda Natuna, Wan Siswandi, menyerahkan Zakat Baznas Provinsi Kepri. (Foto : Bernard Simatupang)
Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

SDM Amil Zakat Dituntut Unggul

SIJORIKEPRI.COM, NATUNA — Untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat, Sekretaris Daerah (Sekda) Natuna, Wan Siswandi S.Sos M.Si, membuka secara resmi Pelatihan Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) Kabupaten Natuna, bertempat di Rumah Makan Sisi Basisir, Jalan Kaya Wan Mohammad Benteng – Ranai, Rabu, (11/9/2019). Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan dilanjutkan pembacaan doa.

Sekda Wansis, dalam sambutannya mengatakan, sebagai rukun islam ketiga, zakat wajib dibayarkan oleh setiap muslim yang memenuhi syarat untuk menyucikan hartanya dengan cara menyalurkan zakatnya kepada mustahik.

Dikatakannya, sebagai komitmen dari Pemerintah Kabupaten Natuna dalam mendukung Baznas, insyaallah mulai tahun depan seluruh instansi Pemerintah Kabupaten Natuna akan membayar Zakat.

“Kami dari Pemda sudah membuat surat edaran kepada seluruh OPD dan seluruh pegawai untuk menyisihkan gaji dan pendapatan untuk membayar zakat,” ujarnya.

Lebih lanjut, Wansis juga berpesan kepada seluruh anggota Baznas yang akan mendapatkan pelatihan, agar mengkuti pelatihan dengan sungguh-sungguh, sehingga ilmu yang didapatkan mampu menjadikan Baznas Kabupaten Natuna lebih baik lagi.

Dalam kesempatan yang sama, pimpinan Baznas Provinsi Kepri, Moh Aminuddin Hadi, dalam sambutannya menjelaskan, Baznas Provinsi merupakan koordinator pengumpulan dan pendistribusian Zakat diseluruh Wilayah Provinsi Kepri yang dibantu oleh Baznas disetiap Kabupaten/kota termasuk Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) di tingkat Provinsi ataupun tingkat Kota.

“Baznas Republik Indonesia merupakan satu-satunya lembaga non struktural yang diberi kewenangan mengumpulkan dan mendistribusikan zakat dalam rangka mengentaskan kemiskinan,” jelasnya.

Lebih lanjut Aminuddin menyampaikan, sesuai dengan selogan Hari Kemerdekaan yang baru saja kita peringati yaitu SDM Unggul Indonesia Maju, hal ini juga berlaku untuk Baznas dimana SDM Amil Zakat dituntut unggul.

“Untuk itulah pelatihan ini dilakukan agar mampu mendorong kinerja Amil Zakat Kabupaten Natuna lebih baik lagi kedepannya” tutur Aminudin.

Acara diakhiri dengan penyerahan dana Zakat Baznas Provinsi Kepri sebanyak 4 (empat) bidang penyaluran yakni, bidang pendidikan, bidang ekonomi, bidang Dakwah, dan bidang sosial secara simbolis oleh Sekda Natuna.

Turut hadir dalam acara tersebut, Pimpinan Baznas Provinsi Kepri, Para pimpinan FKPD Natuna, Para pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Natuna, Ketua MUI Natuna, Ketua LAM Natuna, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat dan masyarakat Natuna. (nard)

SDM Amil Zakat Dituntut Unggul 2
Kata sambutan Sekda Natuna, Wan Siswandi S.Sos M.Si. (Foto : Bernard Simatupang)
SDM Amil Zakat Dituntut Unggul 3
Sekda Natuna, Wan Siswandi, Ketua Baznas Provinsi Kepri, Moh Aminuddin Hadi, bersama para penerima Zakat Baznas Provinsi Kepri. (Foto : Bernard Simatupang)

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

height="100%"

loading...
banner 740x400

banner

banner