Sekda Natuna Pimpin Rapat Forum Koordinasi “BAKAMLA DAN STAKEHOLDER”

oleh
Sekda Natuna Pimpin Rapat Forum Koordinasi “BAKAMLA DAN STAKEHOLDER” 1
Sekda Natuna, Wan Siswandi, Pimpin Rapat Forum Koordinasi Bakamla dan Stakeholder. (Foto : Bernard Simatupang)
Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]
– Amankan Wilayah Perairan Perbatasan Natuna.

SIJORIKEPRI.COM, NATUNA — Dalam rangka memperkuat sinergitas antara Bakamla dan seluruh stakekholder yang berkaitan dengan keamanan laut, Sekda Natuna, Wan Siswandi S.Sos M.Si, didampingi Kabid Ops Kantor Kamla Zona Maritim Barat, Kolonel Laut (P) Eko Wahjono, dan Kasubdit Kerja Sama Dalam Negeri, Kolonel Kav. M. Irawadi S.E, (nara sumber), memimpin Rapat Koordinasi Pembentukan Forum Komunikasi Keamanan dan Keselamatan Laut, di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, Rabu, (25/10/2017).

Sekda Natuna, Wansis, dalam sambutannya mengatakan, wilayah Kabupaten Natuna merupakan wilayah pulau perbatasan terluar Indonesia yang rawan dengan incaran negara-negara asing.

Melalui Rapat Koordinasi ini, sebut Wansis, diharapkan terbentuk kesepahaman pola pikir dan pola tindak, dalam peningkatan keamanan dan keselamatan di Perairan Natuna, serta sebagai pedoman pelaksanaan kerja sama yang baik.

Rapat Koordinasi Pembentukan Forum Komunikasi Keamanan dan Keselamatan di Laut, suatu kegiatan yang perlu dilakukan untuk memperkuat sinergitas antara Bakamla dan seluruh Stakekholder, yang berkaitan dengan keamanan di laut.

“Untuk itu, saya berharap agar seluruh stakekholder yang hadir pada saat ini, bersama-sama dan saling memberi masukan terkait permasalahan dan kendala yang kita hadapi, tentang keamanan dan keselamatan di laut,” ujarnya.

“Tidak lupa, atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Natuna beserta jajaran, saya mengucapkan terimakasih yang tidak terhingga kepada Bakamla, beserta rombongan atas kesediaan dan dapat meringankan langkah untuk hadir di Natuna ini, dalam rangka melaksanakan tugas demi kemakmuran Natuna,” lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kabid Ops Kantor Kamla Zona Maritim Barat, Kolonel Laut (P) Eko Wahjono, mengatakan, untuk mewujutkan Indonesia sebagi negara maritim yang kuat dan disegani, tidak terlepas dari peran negara untuk memberdayakan potensi maritimnya, serta melindungi seluruh wilayah perairan yuridiksi negara Indonesia, agar dapat dikendalikan, dijaga, diamankan, dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan dan kemakmuran seluruh rakyat Indonesia.

“Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2014 tentang kelautan dan Perpres Nomor 178 tahun 2014 tentang Bakamla, dan fungsinya yaitu, melaksanakan penjagaan, pengawasan, pencegahan, penindakan pelanggaran hukum di wilayah Perairan Indonesia dan wilayah Yuridiksi Indonesia, menyinergikan dan memonitor pelaksanaan patroli perairan oleh instansi terkait, memberikan bantuan pencarian dan pertolongan di wilayah Perairan Indonesia dan wilayah Yuridiksi Indonesia,” paparnya.

“Dari Forum Koordinasi Bakamla dan stakeholder ini, kita ingin bersinergi dengan seluruh stakeholder di laut, mengevaluasi dan menerima masukan untuk dilaksanakan dalam rangka pengamanan laut,” kata Eko.

Menurutnya, sinergi sangat gampang dikatakan, tapi sulit diaplikasikan, terkhusus dalam penegakan keamanan di laut.

“Kita bentuk Forum Koordinasi, sehingga dapat menurunkan ego sektoral masing-masing. Kami dari Bakamla siap mengoreksi apa yang kita harus lakukan ke depannya,” ujarnya.

“Laut itu kan sangat luas, tidak mungkin bisa dilaksanakan pengamanan oleh satu badan saja, jadi kita berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait,” tambahnya.

Tampak hadir dalam forum tersebut, Kasi Kerja Sama Lembaga Pemerintah, Akhmad Firdaus, S.IP,M.Si, Kasi Kerja Sama Non Pemerintah, Ariana Listyawati, S.Pd, Staf Kerja Sama Non Pemerintah, Ari Suprihatin, S.E, pihak Lantamal Natuna, Lanud Natuna, Polres Natuna, Dinas Kelautan dan Perikanan, Kejaksaan Natuna, Dinas Perhubungan Laut, dan Stakeholder lainnya. (SK-Nard)

 

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

height="100%"

loading...
banner 740x400

banner

banner