COVID-19KEPRITANJUNG PINANGTNI

Seluruh Prajurit dan PNS Lantamal IV di Rapid Test

×

Seluruh Prajurit dan PNS Lantamal IV di Rapid Test

Sebarkan artikel ini
Seluruh Prajurit dan PNS Lantamal IV melakukan Rapid Test dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 dan dampak penyebarannya. (Foto : Dispen Lantamal IV)

Sijori Kepri, Tanjung Pinang — Seluruh Prajurit dan PNS Lantamal IV melakukan Rapid Test dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 dan dampak penyebarannya, serta deteksi dini kondisi kesehatan bagi segenap Prajurit dan PNS Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang, di Lobby Bawah Markas Komando (Mako) Lantamal IV, Jalan Yos Sudarso No. 1, Batu Hitam, Tanjung Pinang, Kepri, Selasa, (08/12/2020).

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Kegiatan tersebut diawali, dimana tiap-tiap Satuan Kerja yang ada di Mako Lantamal IV mendaftar ke petugas kesehatan, kemudian secara bergilir untuk pengambilan sample darah dari ujung jari, lalu diteteskan ke alat Rapid Test. Selanjutnya, cairan untuk menandai antibodi akan diteteskan di tempat yang sama. Hasilnya akan berupa garis merah yang muncul 10–15 menit setelahnya.

Jika hasil Rapid Test Reaktif, menandakan bahwa orang yang diperiksa pernah terinfeksi virus Corona. Demikian sebaliknya, hasil Rapid Test Non Reaktif menandakan orang yang diperiksa tidak terinfeksi virus Corona.

BACA JUGA :  Cek Personil dan Fasilitas Pendukung, Danlantamal IV Kunjungi Lanal Tarempa

Komandan Lantamal IV (Danlantamal IV) Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto SE M.Han, berkesempatan untuk di Rapid Test, sehingga Lantamal IV berkomitmen mulai dari Komandan sampai Prajurit berpangkat terendah harus di Rapid Test.

Disela-sela kegiatan tersebut, Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Lantamal IV Tanjungpinang, Mayor Marinir Saul Jamlaay, mengatakan, kegiatan rapid test ini adalah dalam rangka deteksi dini sampai sejauh mana penyebaran Covid-19 di Mako Lantamal IV, walaupun sudah diterapkan protokol kesehatan, yaitu 3M.

BACA JUGA :  Los Kontak, KRI SIWAR-646, Akhirnya Temukan “YACHT SUNRISE”

“Hasil Rapid Test terhadap Prajurit dan PNS sebanyak 201 orang dinyatakan non reaktif. Namun demikian, hal tersebut tidak menjadikan kita terlena, tetapi tetap dengan secara disiplin menjalankan 3M, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan/ handsanitazer dan menjaga jarak,” pungkasnya. (FD)