SMK Mahardika Juara Pertama Diajang TTG Lingga

oleh

LINGGA (SK) — Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Swasta Mahardika, Dabo Singkep,  berhasil meraih juara 1 pada lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Kabupaten Lingga 2015, yang diselenggarakan Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Lingga, dua siswa yang mewakili SMK Mahardika yakni, Fuja Clara Bestari dan Muhamad Wahyudi, menciptakan mesin alat pembersih timah berhasil mendapat 2,245 poin, dengan begitu kedua siswa tersebut telah mengalahkan 50 peserta lainnya dari seluruh Kabupaten Lingga.

Sementara untuk juara II dan III diraih siswa dari SMKN 1 Singkep, yang menciptakan alat penangkap cumi dan alat pengayak tepung otomatis. Para juara perlombaan TTG selain menerima piagam penghargaan, juga mendapat uang pembinaan, serta difasilitasi dalam mengikuti lomba TTG tingkat Provinsi Kepri yang rencananya akan berlangsung pada minggu ketiga Bulan Mei mendatang,

“Kegiatan TTG merupakan salah satu kegiatan untuk mengali potensi masyarakat guna mengembangkan ide dan motivasi yang dimiliki, sehingga dapat berperan dalam mengisi pembangunan yang intinya dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat,” ucap Rudi Falo, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Lingga, di penutupan TTG di Gedung Nasional Dabo Singkep, Selasa (28/4/2015).

Dilanjutkan, berbagai teknologi yang diciptakan oleh masyarakat nantinya, akan dikembangkan melalui Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) terkait.

“Dalam hal ini BPMD hanya memfasilitasi penemuan teknologi untuk diperlombakan serta untuk menjaring dan kreatifitas masyarakat dalam menciptakan sesuatu yang berguna bagi masyarakat luas,” terang Rudi.

Teknologi yang dirancang pada perlombaan TTG tertentu harus dapat disesuaikan dengan aspek-aspek lingkungan, kebudayaan, sosial dan ekonomi masyarakat setempat, selain itu hasil kreatifitas masyarakat tersebut dapat memberikan manfaat bagi masyarakat serta dapat meningkatkan ekonomi.

“Untuk Tim penilai pada pada perlombaan TTG yakni, Ari Sudaryanto dari LIPI, Ivan S Rangkuti dari Dirjen PPMD Kemendes, Ir Bertha dari BPMD Provinsi Kepri dan Ibnu Kahfi dari Umrah,” imbuhnya. (SK-Pus)

Sijori Kepri Perwakilan Lingga
Sijori Kepri Perwakilan Lingga – Pemasangan Iklan dan Galeri Photo
Hubungi : Puspandito No HP : 081261319024

 

No More Posts Available.

No more pages to load.