HEADLINEJABODETABEK

Tanpa Gunakan APBD, Pemkot Bekasi Bangun 2 Proyek Strategis

×

Tanpa Gunakan APBD, Pemkot Bekasi Bangun 2 Proyek Strategis

Sebarkan artikel ini
Pemkot Bekasi mulai membangun 2 Infrastruktur baru berupa taman di jalan protokol dan Polder Air berfungsi penanggulangan banjir kota Bekasi. (Foto : Ist)

KOTA BEKASI — Tanpa menggunakan dana APBD, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mulai membangun 2 (dua) proyek strategis, yakni Infrastruktur baru berupa taman di jalan protokol dan Polder Air berfungsi penanggulangan banjir Kota Bekasi. 

Pembangunan 2 (dua) Infrastruktur baru tersebut karena Pemkot Bekasi berhasil mendapatkan bantuan dana Corporate Social Responsibility (CSR). 

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Dana CSR tersebut kemudian digunakan untuk membangun Taman Kota disamping Gor Patriot Chandra Baga Jalan Ahmad Yani dan Polder Air di kawasan Blue Plaza. 

“Kota Bekasi saat ini lagi banyak membangun infrastruktur tanpa menggunakan dana APBD. Karena prinsipnya meski APBD terbatas pembangunan harus dilaksanakan,” ungkap Sekretaris DBMSDA Pemkot Bekasi, Idi Susanto, Rabu, 11 Oktober 2023. 

Idi Susanto mengungkapkan, bahwa kebutuhan infrastruktur dengan kemampuan anggaran selama ini tidak berimbang. Sehingga pemerintah harus mencari terobosan melalui berbagai sumber pendanaan lain untuk membangun wilayah. 

Disampaikan Idi lagi, bahwa 2 (dua) infrastruktur yang dibangun melalui dana CSR itu adalah Taman Kota di Jalan Ahmad Yani, dan Polder Air di Blue Plaza untuk penanggulangan banjir. Seperti di Polder Air di Blue Mall dengan meminjam alat berat dari Kementerian. 

Saat dikonfirmasi terkait penggunaan tanah galian Polder di Kemang Pratama, Idi mengakui hal itu tidak menyalahi. Karena untuk keperluan negara apalagi itu dilakukan secara gratis. 

“Kita sudah pengalaman tidak ada galian tanah itu dimanfaatkan untuk pribadi. Sekarang dimanfaatkan tanah negara buat bangun negara. Apalagi Taman Kota samping Gor PCB itu dibangun tidak menggunakan APBD melainkan CSR,” klaim Idi, tanpa menyebut sumber CSR-nya. ***

(Red)

Follow