, , ,

Tengah Apel Karhutla, Tiga Lokasi Hutan Bintan Terbakar

oleh
Tengah Apel Karhutla, Tiga Lokasi Hutan Bintan Terbakar 1
Kebakaran di hutan Kang Boy, Desa Toapaya, Kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan. (Foto : Ist)
banner 1102x276

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tengah Apel Karhutla, Tiga Lokasi Hutan Bintan Terbakar

SIJORIKEPRI.COM, BINTAN — Saat Bupati Bintan, Apri Sujadi, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Bintan dan lintas vertikal, menghadiri apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Lapangan Bola Antam, Kijang, Bintan timur, kebakaran hutan Bintan terjadi di tiga lokasi.

Lokasi itu adalah hutan Galang Batang, Kecamatan Gunung Kijang, hutan Kang Boy, Desa Toapaya, Kecamatan Toapaya, dan hutan Cikolek, batu 36, Kecamatan Toapaya Utara.

Bahkan, hingga pukul 22.00 WIB malam, Kamis, (15/8/2019), kobaran api di hutan Cikolek, batu 36, kecamatan Toapaya Utara, belum berhasil dipadamkan. Mobil Water Canon Polres Bintan, mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) dan personil Damkar, masih sibuk melakukan pemadaman api.

Kepala UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Toapaya, Nurwendi, mengatakan petugas mengalami kesulitan memadamkan api karena mobil Water Canon tidak menggunakan slang air. Padahal, medan atau rute lahan sangat sulit dilalui.

”Kita kesulitan melakukan upaya pemadaman api. Karena akses jalan sulit dilalui mobil,” kata Nurwendi.

Ditanya berapa hektar lahan hutan yang terbakar, Nurwendi menambahkan belum bisa diketahui secara pasti. Namun, khusus hutan Galang Batang, Kecamatan Gunung Kijang, dan hutan Kang Boy, Desa Toapaya, Kecamatan Toapaya, kebakaran hutan capai sembilan (9) hektar lebih.

”Sedangkan, luas hutan yang terbakar di hutan Cikolek, batu 36, Kecamatan Toapaya Utara, belum bisa kita ketahui. Karena kobaran api masih terjadi malam ini (pukul 22.00 WIB malam, Kamis, (15/8/2019), red),” tutupnya.

Sehari sebelumnya, hutan di belakang Hotel Miami, Jalan Uban Lama, Batu 18, Kabupaten Bintan, terbakar, Selasa, (13/8/2019) siang. Sebenarnya, sehari sebelumnya, hutan ini telah terbakar.

Bahkan, petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) telah berhasil memadamkan. Namun, pemadaman api tidak tuntas. Sisa api yang belum padam, kembali membesar, dan menghanguskan hutan.

Insiden ini, sangat mengagetkan. Karena, sumber api tidak diketahui. ”Namanya lahan gambut, tentu kita tidak mengetahui api berasal dari mana. Tiba-tiba saja, kobaran api telah besar,” katanya. (Wak Zek)

banner 4921x615

banner 1280x160

banner 740x400

banner 1280x157

banner

banner 1050x130 banner 2560x472

banner 740x400

banner

loading...