Tiga Kecamatan Pemekaran di Natuna Segera Diresmikan

oleh

NATUNA (SK) — Tahun ini di Kabupaten Natuna ada tiga kecamatan merupakan hasil pemekaran segera diresmikan. Secara administratif ketiga kecamatan baru tersebut, persyaratannya sudah kelar, meliputi Kecamatan Suak Midai dimekarkan dari Kecamatan Midai, Kecamatan Pulau Tiga Barat dimekarkan dari Kecamatan Pulau Tiga dan Kecamatan Bunguran Batubi dimekarkan dari Kecamatan Bunguran Barat. Demikian disampaikan Kepala Bagian Tata Pemerintahan, Kabupaten Natuna, Syawal, di Kantor Bupati Natuna, Bukit Arai, Jalan Batu Sisir, Desa Sungau Ulu, Kecamatan Bunguran Timur, Selasa, (16/02/2016).

“Tahun ini, ada tiga kecamatan yang akan segera diresmikan itu, antara lain Kecamatan Suak Midai dimekarkan dari Kecamatan Midai, Kecamatan Pulau Tiga Barat dimekarkan dari Kecamatan Pulau Tiga dan Kecamatan Bunguran Batubi dimekarkan dari Kecamatan Bunguran Barat,” ungkap Syawal.

BACA JUGA :  Lakukan Tes Swab, Warga Nongsa Positif Covid-19

Proses pemekaran tiga kecamatan itu, sambung Syawal, merupakan bagian dari persiapan pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) yang telah direncanakan dan dalam proses penyelesaian di pemerintah pusat.

“Untuk peresmian tiga kecamatan itu akan kita laksanakan setelah APBD tahun berjalan sudah disahkan. Bila APBD ini disahkan kita langsung susun jadwalnya,” kata Sayawal.

Diakui Syawal, pihaknya telah mengajukan anggaran untuk peresmian tiga kecamatan itu pada APBD tahun ini.

“Anggarannya sudah kita ajukan, jadi kita tinggal nunggu ketuk palu aja,” imbuhnya.

Dikatakannya, semua persyaratan pembentukan kecamatan sudah kelar dilaksanakan baik secara administratif maupun faktualnya.

“Untuk persyaratan sudah tidak ada masalah lagi, makanya kita tinggal menunggu anggaran untuk peremiannya saja,” tuturnya.

BACA JUGA :  Ciptakan Hubungan Baik dan Harmonis, Babinsa Desa Selemam Komsos ke Desa Binaan

Dikatakan Syawal, mengenai kewenangan pemekaran desa, itu semua berada di Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Desa (BPMPD) Kabupaten Natuna.

“Untuk pemekaran desa, semua BPMPD yang mengurusnya, jadi kita tidak mengetahui persis seperti apa perkembangannya,” tandasnya. (SK-Im)

 

Shares

No More Posts Available.

No more pages to load.