Tradisi Keduri Ruahan Jalin Tali Silaturahmi

oleh

LINGGA (SK) — Kenduri Haul atau kenduri ruahan atau yang lebih dikenal dengan sebutan kenduri arwah, pada bulan Sya’ban sudah merupakan hal yang tidak asing lagi bagi masyarakat sebelum memasuki bulan Ramadhan, kenduri ini sudah menjadi tradisi sejak turun temurun yang dilaksanakan oleh masyarakat baik itu secara per keluarga atau secara bersama-sama yang di laksanakan di Masjid/Surau di masing-masing Daerah.

Di Kabupaten Lingga umumnya dan di Dabo Singkep kususnya tradisi kenduri ruahan ini selain dilaksanakan di rumah-rumah juga dilaksanakan di Masjid/Surau yang ada di Kecamatan Singkep, hanya pelaksanaan kenduri ruahan pada tahun ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dalam pelaksanaannya, ditahun 2015 ini pelaksanaan kenduri ruahan telah diatur atas kerjasama pihak Kecamatan Singkep, Panitia Hari-hari Besar Islam (PHBI) Kecamatan Singkep dan pengurus Masjid/Surau di Kecamatan Singkep.

Camat Singkep, H Kisanjaya, mengatakan, pada tahun ini dalam melaksanakan kenduri ruahan pihaknya bekerjasama PHBI kecamatan singkep serta pengurus Masjid/Surau agar dapat diatur jadwal kenduri yang dilaksanakan di masjid dan Surau, hal ini bertujuan agar dalam pelaksanaannya tidak terjadi secara bersamaan.

“Karena pada pelaksanaan kenduri di masjid yang dilaksanakan oleh pengurus Masjid biasanya pengurus Masjid mengundang pengurus Masjid lainnya untuk hadir, pada tahun-tahun sebelumnya sering terjadi secara bersamaan, sehingga pengurus Masjid yang diundang tidak dapat hadir karena melaksanakan hal yang sama,” ujar Kisanjaya, kepada Sijori Kepri, saat ditemui diruang kerjanya, Jum,at (12/6/2015).

Alhamdulillah, kata Kisanjaya, setelah kenduri ruahan ini diatur pada pelaksanaannya tidak terjadi secara bersamaan, sehingga pengurus masjid lain yang diundang dapat hadir pada masjid yang mengundangnya.

“Pengaturan kenduri ruahan dengan cara begini akan kita terapkan ditahun-tahun berikutnya, karena dengan saling berkunjung antara pengurus masjid satu dan lainnya, akan terjalin Silaturahmi sesama pengurus Masjid serta mempererat Ukuwah Islamiah,” imbuhnya. (SK-Pus)

LIPUTAN LINGGA : PUSPADINTO
EDITOR : DEDI YANTO

 

No More Posts Available.

No more pages to load.