Traditional Game “CURI PERHATIAN WISMAN”

oleh
Salah satu Traditional game, Lomba Pukul Bantal. (Foto : Rusmadi)

TANJUNGPINANG (SK) — Sejumlah lomba yang dilaksanakan dalam festival laut atau traditional game yang di gelar dalam Festival Bahari Kepri (FBK), ternyata mencuri perhatian Wisan asal negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura untuk mengikutinya. Mereka penasaran dan ingin ikut lomba tersebut, karena di negara mereka lomba tersebut tidak ada.

“Permainan traditional game ini sangat mencuri perhatian Wisman dibandingkan modern game seperti jet ski,” ujar Koordinator Traditional Game atau Festival Laut, Dinas Pariwisata Kota Tanjungpinang, Maswito, Rabu, (05/10/2016).

Dikatakannya, sejumlah Wisman dari Singapura dan Malaysia sudah melihat sejumlah agenda lomba traditional game yang dilaksanakan Pemko Tanjungpinang, berkolaborasi dengan Dispora Kepri dan BPP Kepri.

“Ternyata mereka tertarik dengan permainan traditonal game ini, seperti nambat itik, pukul bantal, engkrang, dan jong,” ujarnya.

Untuk mensuksekan pelaksanaan traditional game tersebut, pihaknya kata Maswito, terus melakukan koordinasi dengan Dispora Kepri selaku koordinator kegiatan traditional game di tingkat Provinsi Kepri.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang Juramadi Esram, mengatakan pihaknya juga mengundang para wisman maupun yather dari luar negeri untuk mengikuti lomba traditional game.

“Keikutsertaan mereka akan memberikan nilai tambah bagi perkembangan Kepri,” ujar Esram.

Adapun jadwal pelaksanaan traditional game itu, kata Esram, mulai 28 – 30 Oktoer 2016 dengan rincian Jong 28 – 30 Oktober 2016 di perairan Anjung Cahaya, sampan layar 29 Oktober 2016 star di Anjung Cahaya lalu mengitari Pulau Penyengat dan kembali finis di Anjung Cahaya.

“Sedangkan pada 30 Oktober 2016 akan dilaksanakan lomba pukul bantal dan nambat itik di perairan Anjung Cahaya, bakiak dan engkarang di Melayu Square, dan renang traditional dari Pulau Penyengat ke Anjung Cahaya. Untuk lomba volli pantai akan dilaksanakan di lapangan lapangan Pinang Marina – Rimba Jaya Tanjungpinang pada 30 Oktober 2016,” katanya. (SK-RM)

 

Share and Enjoy !

Shares

No More Posts Available.

No more pages to load.