Tujuh Jam, KPK Periksa Pejabat Pemprov Kepri

oleh -22 views
Mapolresta Barelang, Batam. (Foto : Net)
banner 740x400

banner 740x400

Tujuh Jam, KPK Periksa Pejabat Pemprov Kepri

SIJORIKEPRI.COM, BATAM — Pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri, akhirnya memberikan keterangan ke KPK, seputar kasus dugaan suap pemberian izin reklamasi Tanjung Piayu, Kota Batam, dan gratifikasi, yang melibatkan Gubernur Kepri non aktif, Nurdin Basirun, Rabu, (24/7/2019). Lokasi pemeriksaan menggunakan ruang penyidik di Mapolresta Barelang, Kota Batam.

Pejabat yang dipanggil KPK, antara lain Kepala Dinas Perhubungan Kepri, Jamhur Ismail, Kepala Biro Hukum Pemprov Kepri, Heri Mokhrizal, Kadis PU Kepri, Abu Bakar, beberapa pejabat di Dinas Kelautan dan Perikanan Kepri, Plt Dinas ESDM Kepri, Hendri Kurniadi, serta beberapa pejabat eselon III dan IV Pemprov Kepri lainnya.

”Sekitar tujuh jam kami diminta keterangan. Dari jam 10.00 WIB hingga 17.00 WIB. Cukup lama,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kepri, Jamhur Ismail, menjawab sijorikepri.com, Rabu, (24/7/2019) malam.

Fokus pertanyaan KPK, sambung Jamhur, hanya seputar Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) sebagai pimpinan Organisasi Perangkat daerah (OPD).

”Pertanyaan KPK hanya seputar Tupoksi kami saja. Melebar ke yang lainnya,” kata Jamhur.

Ditanya tentang apakah KPK bertanya tentang gratifikasi, Jamhur mengaku ada meluas kesana. Namun, Jamhur hanya menjawab apa yang ia ketahui dan alami saja.

”Tentang gratifikasi ada ditanya KPK. Saya jawab sesuai yang saya alami saja. Tidak ada yang saya tutup-tutupi. Intinya, saya kooperatif dengan langkah yang diambil KPK ini,” kata Jamhur lagi.

Hal senada juga dikatakan Kepala Biro Hukum Pemprov Kepri, Heri Mokhrizal. Mantan Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Kepri ini mengaku semua yang ditanya KPK, ia jawab dengan apa yang terjadi di lapangan. Tidak ada yang ditutup-tutupi.

”Tidak ada yang saya tutup-tutupi. Semua pertanyaan KPK saya jawab dengan benar,” katanya lagi.

Heri berharap, kejadian ini tidak mempengaruhi aktivitas pegawai Pemprov Kepri memberi pelayanan masyarakat. Kejadian ini, katanya, merupakan pelajaran paling berharga yang harus diambil hikmahnya.

”Kita juga berharap, pejabat Pemprov Kepri yang diminta keterangan oleh KPK, tidak mengendorkan tugasnya selama ini. Jadikan pelajaran berharga saja. Semoga, masalah ini cepat berlalu,” kata Heri.

Ditanya berapa jam KPK minta keterangannya, Heri menambahkan cukup lama ia diminta keterangan. Jika diitung, hampir tujuh jam.

”Kebetulan, usai saya memberi keterangan, berjumpak Pak Jamhur, Kadis Perhubungan. Kami sama-sama selesai. Kalau Pak Jamhur bilang tujuh jam bersama KPK, artinya saya juga tujuh jam. Tapi, tak apa. Sebagai pejabat, kita terima konsekuensi ini,” katanya.

Masih ada beberapa pejabat Kepri lainnya yang akan diminta keterangan. Heri mengaku, tidak etis kalau nama yang bersangkutan ia sebutkan satu persatu.

”Tidak etis saya sebutkan nama pejabat Kepri lainnya yang ikut diminta keterangan oleh KPK,” tutupnya.

Sementara itu, selain minta keterangan pejabat Pemprov Kepri, KPK RI sebelumnya juga telah melakukan penggeledahan di beberapa lokasi, kasus tindak pidana korupsi memberikan atau menerima hadiah, atau janji terkait dengan izin prinsip dan lokasi pemanfaatan laut, proyek reklamasi di wilayah pesisir dan wilayah kecil Provinsi Kepri tahun 2018-2019, yang melibatkan mantan gubernur Kepri, Nurdin Basirun.

Lokasi itu adalah Gedung Daerah Tanjungpinang, rumah dinas Nurdin Basirun saat menjabat Gubernur Kepri, rumah pribadi Nurdin di Bukit Senang, Kelurahan Tanjung Balai Kota, Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun, dan kantor Dinas Perhubungan Provinsi Kepri, di Jalan Raja Haji Fisabilillah Kilometer V Atas, Tanjungpinang.

Lokasi lainnya, kediaman pengusaha atas nama Kock Meng, pihak pemegang izin prinsip pengelolaan lahan reklamasi Tanjung Piayu, Batam, kediaman salah seorang ajudan Nurdin Basirun saat menjabat Gubernur Kepri di Perumahan Anggrek Mas, Kota Batam, dan kediaman Kabid Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kepri, Budi Hartono. (Wak Zek/Tar)

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]
banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400