, , ,

UN Ditiadakan, Kelulusan Ditentukan Nilai 5 Semester Terakhir

oleh
Kepala Dinas Pedidikan Kota Tanjungpinang Drs H Atmadinata M.Pd. (Foto : Dedi Yanto)

Sijori Kepri, Tanjungpinang — Menteri Pendidikan Nasional telah memutuskan tahun 2020 ini, Ujian Nasional (UN) untuk semua jenjang pendidikan di tanah air, dibatalkan atau ditiadakan. Surat edaran pemberitahuan telah dilayangkan ke Gubernur, Walikota dan Bupati se-Indonesia, agar keputusan ini dilaksanakan.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Drs H Atmadinata M.Pd, mengatakan, pembatalan ini akibat merebak Virus Corona di tanah air. Para orang tua dan guru diharapkan memaklumi keputusan ini.

”Sebenarnya, pembatalan UN akan mulai dilaksanakan pusat tahun 2021 mendatang. Namun karena merebak Virus Corona yang akhir-akhir ini sangat mengkhawatirkan semua pihak, maka pusat mempercepat pembatalan, yakni dimulai tahun 2020,” jelasnya, Rabu, (25/3/2020).

Khusus penentuan kelulusan kelas 3 jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), Dinas Pendidikan Tanjungpinang, telah mengeluarkan pemberitahuan, bahwa kelulusan siswa ditentukan nilai lima semester terakhir di sekolah masing-masing.

Lima semester yang dijadikan pedoman kelulusan SD, adalah nilai Kelas 4 semester 1 dan 2, kelas 5 semester 1 dan 2 dan kelas 6 semester 1. Sedangkan kelulusan siswa SMP, mengacu nilai 7 semester 1 dan 2, kelas 8 semester 1 dan 2, serta kelas 9 semester 1.

”Nilai lima semester ini digabungkan, dan dijumlahkan, dibagi jumlah keseluruhan mata pelajaran. Maka pihak sekolah akan mendapatkan nilai rata-rata siswa. Setelah itu, nilai yang didapat siswa dibandingkan dengan nilai siswa lainnya. Maka, akan diperoleh perbandingan nilai masing-masing siswa,” jelas Atmadinata.

Penentuan kelulusan siswa SD dan SMP, katanya, ditentukan pihak sekolah. Selain nilai lima semester, kelulusan juga dilihat dari sikap dan prilaku siswa sehari-hari. (Wak Zek)

Click to rate this post!
[Total: 3 Average: 5]