HEADLINETANJUNG PINANG

Untuk Pemilu Bersih, Jujur dan Damai, Gubernur Ansar Imbau Masyarakat Ikut Mengawasi Pesta Demokrasi

×

Untuk Pemilu Bersih, Jujur dan Damai, Gubernur Ansar Imbau Masyarakat Ikut Mengawasi Pesta Demokrasi

Sebarkan artikel ini
Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, bersama Ketua KPU Provinsi Kepri, Indrawan Susilo Pribowoadi, saat Dialog Tanjung Pinang Pagi di Kantor RRI Tanjung Pinang. (Foto : Ist)

(ADVETORIAL PROVINSI KEPRI)

TANJUNG PINANG — Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, megimbau masyarakat Kepri untuk menyokong pelaksanaan Pemilu yang bersih, jujur, dan damai.

Ansar Ahmad mengharapkan agar masyarakat turut mengawasi jalannya proses demokrasi, serta mencegah dan melaporkan segala bentuk pelanggaran Pemilu melalui saluran yang telah disediakan.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Pernyataan tersebut disampaikan Gubernur Ansar Ahmad dalam Dialog Tanjung Pinang Pagi di Kantor RRI Tanjung Pinang pada Senin (12/2/2024), yang dihadiri oleh Ketua KPU Provinsi Kepri, Indrawan Susilo Pribowoadi, dan dipandu oleh Erita Fitrah Insani, Host RRI Tanjung Pinang.

Ansar berharap agar masyarakat menyadari bahwa Pemilu ini menentukan masa depan bangsa. Dia mendorong partisipasi maksimal masyarakat dalam Pemilu.

“Dengan himbauan dari pemerintah pusat, KPU, Bawaslu, pemerintah daerah, dan kesadaran masyarakat dalam membangun demokrasi, saya berharap seluruh masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya di TPS,” ujar Ansar.

Dalam kesempatan itu, Ansar juga mengapresiasi KPU dan Bawaslu atas tahapan Pemilu yang telah dilaksanakan dengan baik. Menurutnya, pemerintah daerah telah memenuhi tanggung jawabnya, termasuk dalam aspek anggaran.

“Pertama, dukungan anggaran Pemilu. Kita bersyukur Kepulauan Riau menjadi provinsi pertama dan kabupaten/kota yang menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah. Kemudian, untuk memastikan Pemilu berjalan dengan baik, kita telah melaksanakan Rapat Koordinasi dengan seluruh Forkopimda dan pemangku kepentingan terkait untuk memastikan distribusi logistik lancar dan tepat waktu,” jelasnya.

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau telah berkomitmen dalam mendukung penyelenggaraan Pemilu melalui alokasi anggaran sebesar Rp 199,1 miliar, dengan rincian KPU sebesar Rp 141,6 miliar dan Bawaslu sebesar Rp 57,4 miliar.

Mengenai netralitas ASN dan peran Pemda dalam pemilih pemula, Ansar mengatakan bahwa aturan untuk menjaga netralitas ASN sudah jelas. Pemda juga telah berusaha aktif untuk memperkenalkan hak pilih kepada pemilih pemula melalui program jemput bola ke sekolah-sekolah.

Ketua KPU Provinsi Kepri, Indrawan Susilo Pribowoadi, menyatakan bahwa persiapan KPU menjelang hari pemungutan suara berjalan lancar. Hingga hari Minggu (12/2), 60 persen logistik telah didistribusikan ke kecamatan, dan hari ini akan dituntaskan ke kelurahan/desa.

“Dari total 41.398 KPPS yang sudah dilantik dan diberikan pelatihan, sudah siap membangun TPS. Kami juga merasakan dukungan nyata dari Pemda serta bantuan TNI Polri dalam aspek keamanan dan distribusi logistik,” ungkapnya. (ron)

(ADVETORIAL PROVINSI KEPRI)