Wakil Bupati Pimpin Upacara Hari Bela Negara ke 71

oleh
Wakil Bupati Pimpin Upacara Hari Bela Negara ke 71 1
Pembacaan Ikrar Bela Negara oleh Dan Koti pada Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke 71 di Kabupaten Anambas. (Foto : Rohadi)
banner 4921x615

banner 2560x472

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Male” buttontext=”Malas Baca, Tekan Ini”]

Wakil Bupati Pimpin Upacara Hari Bela Negara ke 71

SIJORIKEPRI.COM, ANAMBAS — Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra, menjadi Inspektur Upacara peringatan Hari Bela Negara Ke 71 Tahun 2019, di Lapangan Kantor Bupati Anambas, Jalan Pasir Peti, Desa Pesisir Timur, Kecamatan Siantan, Kabupaten Anambas, Kamis, (19/12/2019). Tema peringatan tahun ini, Bela Negara Untuk Kemakmuran Rakyat.

Upacara diikuti Kapolres Anambas, AKBP Junoto SIK, Danlanal Tarempa, Letkol Laut Nur Rochmad, Danlanudal Matak, Mayor Laut Arief Gunawan, dan Plh Danramil 02 Tarempa, Peltu Amrul.

Selain itu, juga hadir Ketua Pemuda Pancasila, Asril Masbah, utusan Kejaksaan Negeri Anambas, Dendi, Organisasi Perangkat Daerah Anambas, unsur Polri, KORPRI, organisasi Wanita, Satpol PP, Damkar dan sebagainya.

Dalam amanatnya, Wakil Bupati Wan Zuhendra, mengatakan, semenjak Mr. Syafroedin Prawiranegara mendirikan Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) pada tanggal 19 Desember 1948 di Bukit tinggi untuk membela kelangsungan hidup bangsa dan negara, berbagai wujud bela negara telah susul-menyusul silih berganti, untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap dan akan terus eksis untuk selama-lamanya.

”Dewasa ini, kita sama-sama cermati bahwa tantangan yang dihadapi bangsa dan negara kita, semakin hari semakin berat dan beragam bentuknya. Sebagaimana yang telah diingatkan oleh Bung Karno, bahwa perang moderen bukan sekedar perang militer, melainkan peperangan yang menyangkut seluruh aspek kehidupan masyarakat,” terangnya.

Dengan demikian, tidak hanya militer yang berperan membangun ketahanan Indonesia, tapi juga menuntut peran seluruh komponen bangsa demi kelangsungan hidup dan keutuhan NKRI.

Semakin beragamnya ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang dihadapi bangsa ini, hanya bisa kita hadapi dengan keberagaman keahlian yang saling terkait dan mengisi. Di sinilah terletak relevansi tekad kita untuk mewujudkan SDM Unggul demi kemajuan Indonesia yang kita canangkan sebagai tema peringatan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ke-74. Manusia Indonesia yang unggul adalah prasyarat utama untuk mengisi kemerdekaan sebagai modal dasar pembangunan kita disegala bidang. Kemerdekaan ini jualah yang menjadi pedoman bagi kita semua untuk melaksanakan bela negara.

Salah satu berkah yang telah mengantarkan kemerdekaan tanah air kita adalah digalinya kembali Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup bangsa dan nilai dasar bela negara. Pancasila adalah visi final bangsa dan negara Indonesia yang menghendaki pembangunan manusia paripurna. Manusia Paripurna tidak hanya memiliki kapasitas dan keterampilan yang tinggi untuk pemenuhan kebutuhan sendiri dan golongannya.

”Ke depannya, kita semua mengharapkan agar Aksi Nasional Bela Negara di segenap gatra kehidupan nasional dapat semakin terstruktur, sistematif dan massif dengan prioritas dan implementasi yang terukur sesuai dengan persepsi dan aspirasi masyarakat luas,” tutupnya. (Rd)

banner 1280x160

banner 740x400

banner 1280x157

banner 740x400

banner 1050x130