TANJUNG PINANG

Wakili Gubernur Ansar Ahmad, Sekda Provinsi Kepri Buka Pameran dan Kontes Bonsai Nasional

×

Wakili Gubernur Ansar Ahmad, Sekda Provinsi Kepri Buka Pameran dan Kontes Bonsai Nasional

Sebarkan artikel ini
Sekda Provinsi Kepri, Adi Prihantara saat menghadiri Pameran dan Kontes Bonsai Nasional di Halaman Dinas Perhubungan Kota Tanjung Pinang. (Foto : Ist)

TANJUNG PINANG — Mewakili Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau (Sekda Provinsi Kepri), Adi Prihantara, membuka Pameran dan Kontes Bonsai Nasional di Halaman Dinas Perhubungan Kota Tanjung Pinang, Taman Batu 10, Kota Tanjung Pinang.

Pembukaan Pameran dan Kontes Bonsai Nasional itu ditandai dengan pemotongan pita pintu masuk pameran oleh Sekda Provinsi Kepri, Adi Prihantara, Minggu (19/11/2023).

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Kegiatan Pameran dan Kontes Bonsai Nasional ini diselenggarakan oleh Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia diselenggarakan mulai tanggal 15 sampai dengan 20 November 2023 dengan mengangkat tema “Melalui Pesona Bonsai Kita Tingkatkan Kecintaan pada Lingkungan”. 

Pameran dan Kontes Bonsai Nasional ini mempertandingkan 3 tingkatan yang berbeda, yaitu kelas prospek, karya dan madya. 

Berhasil sebagai pemenang pada Kontes Bonsai Nasional ini pada kategori Best in Show dan Best Ten Madya adalah Bonsai Jenis Sianci milik Anthony dari Batam.

Kemudian Juara 2 diberikan kepada Acui dari Batam dengan Bonsai Jenis Anput dan Juara tiga diraih oleh Robin dari Tanjung Pinang dengan Jenis Bonsai Anput.

Dalam sambutannya, Sekda Provinsi Kepri, Adi Prihantara, menyampaikan apresiasi kepada panitia Pameran dan Kontes Bonsai Nasional yang telah sukses menyelengarakan kegiatan ini di Ibukota Provinsi, Tanjung Pinang dalam rangka silaturahmi dan sebagai ajang peningkatan kecintaan masyarakat terhadap bonsai. 

“Semoga ajang ini bisa meningkatkan silaturahmi antar pecinta bonsai di tanah air, ajang untuk meningkatkan ilmu perbonsaian serta sebagai sarana untuk meningkatkan perekonomian para pecinta Bonsai,” ucapnya.

Kepada para pecinta Bonsai di Kepri, Adi berpesan untuk produktif dan kreatif untuk menciptakan jenis-jenis baru dalam Bonsai  sebagai salah satu daya tarik wisata. Bentuk dan gaya Bonsai bisa bisa berafiliasi dengan gaya bonsai dari Jepang karena karena pengembangan bonsai di Negara Jepang sangat optimal.

“Di Bali sendiri, event bisnisnya sudah sangat luar biasa bahkan dipertandingkan kelas tertinggi Bonsai yaitu The Max. Saya yakin pebonsai bisa pada level itu jika terus produktif dan kreatif membuat Bonsai-Bonsai baru sehingga menjadi salah satu faktor penarik wisatan untuk datang ke Kepri,” pungkas Adi.

Turut hadir dikesempatan ini Asisten Ekbang Setda Provinsi Kepri, Luki Zaiman Prawira, Ketua PBBI Cabang Kota Tanjung Pinang, Ali Irwan Bhay, Ketua PBBI Batam, Azhar Sidik, Ketua PPBI Cabang Karimun, Ilham Malang, serta Para peserta kontes Bonsai. ***

(Zah)