,

Walau Situasi Darurat, Tanjung Pinang Terbaik Berliterasi Tingkat SD/MI Se-Kepri

oleh
Wali Kota Tanjung Pinang, Rahma, dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tanjung Pinang, Wan Samsi, bersama para pemenang Lomba Bertutur. (Foto : Prokopim TPI)
Suasana Lomba Bertutur Tingkat Provinsi Kepri Tahun 2021. (Foto : Ist)

Sijori Kepri, Tanjung Pinang — Peserta dari Kota Tanjung Pinang berhasil meraih Juara I Lomba Bertutur bagi siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) /Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tingkat Provinsi Kepri Tahun 2021. Sedangkan Juara Kedua diraih siswa Kabupaten Kepulauan Anambas, dan Juara Ketiga dari Kabupaten Karimun. Untuk Juara Harapan Pertama dari Kabupaten Lingga dan Harapan Kedua dari Kota Batam, Kamis, (15/07/2021).

Wali Kota Tanjung Pinang, Rahma, mengatakan, meskipun dilaksanakan secara virtual atau daring, Rahma sangat mengapresiasi para peserta yang telah berpartisipasi dengan sangat luar biasa.

“Saya sangat bangga kepada para peserta yang telah mengikuti lomba dengan totalitasnya. Tujuannya agar kreativitas serta imajinasi anak didik tidak melemah, dengan tetap belajar di rumah dapat berprestasi dengan baik,” kata Rahma.

BACA JUGA  Walikota Syahrul Mewisuda “KHATAMAN AL QUR'AN”

Rahma, menyampaikan, lomba bertutur merupakan salah satu cara dalam menggiatkan program gemar membaca oleh anak-anak.

“Sangat penting untuk menumbuhkembangkan kreativitas anak-anak di Kota Tanjung Pinang, terutama kreativitas dalam membaca. Ini untuk merangsang kerja otak dan imajinasi mereka dalam menggiatkan dirinya dalam gerakan literasi yang menjadi program pemerintah,” ungkapnya.

Rahma juga menjelaskan, saat ini pemerintah telah melakukan berbagai program untuk menyalurkan kreativitas anak, dan sebagai wujud kepedulian sosial terhadap anak-anak terutama dalam masa pandemi Covid-19 saat ini.

“Untuk itu kepada pihak sekolah, baik kepala sekolah, guru-guru dan orang tua, mari kita dukung sepenuhnya kreativitas yang dimiliki anak-anak kita. Arahkan kepada hal yang positif, apalagi untuk membiasakan membaca buku baik secara manual maupun secara online dan membatasi penggunaan gadget yang berisi kontent negatif, terutama dalam masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan anak-anak lebih kreatif dan terus berprestasi,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tanjung Pinang, Drs H Wan Samsi MM, mengucapkan rasa syukur karena peserta dari Kota Tanjung Pinang berhasil meraih Juara I Lomba Bertutur Tingkat Provinsi Kepri Tahun 2021.

BACA JUGA  Lis dan Pengusaha Bandi Bagi Sembako “BAGI MASYARAKAT TANJUNG UNGGAT”

“Alhamdulillah. Walau dalam situasi darurat, Kota Tanjung Pinang dipercaya mewakili Provinsi Kepri untuk mengikuti Lomba Bertutur di Tingkat Nasional 2021. Dan mohon doa masyarakat kota agar mendapat hasil yang terbaik,” ucap Wan Samsi.

Kepada Kayla Khafifah Arrasyid, asal SD Negeri 004 Kecamatan Bukit Bestari, Kota Tanjung Pinang, Wan Samsi mengucapkan selamat berlomba ke tingkat Nasional. Semoga dapat mengharumkan nama Provinsi Kepri.

“Selamat berlomba ke tingkat Nasional kepada anaknda Kayla Khafifah Arrasyid. Semoga tampil maksimal mengharumkan nama Provinsi Kepri, wabil khusus Kota Gurindam Tanjung Pinang Negeri Pantun,” ucap Wan Samsi.

Wan Samsi juga menjelaskan tentang tujuan dari kegiatan lomba ini, adalah bertujuan untuk meningkatkan minat dan budaya gemar membaca, menambah wawasan mengenai cerita rakyat dan mengembangkan, serta meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak dalam seni bercerita.

Untuk itu, Wan Samsi mengajak warga Kota Tanjung Pinang untuk senantiasa gemar membaca, agar dapat membuka cakrawala dunia.

“Mari kita galakkan kebiasaan gemar membaca dan mencintai Perpustakaan sebagai jendela ilmu pengetahuan, untuk membuka cakrawala dunia mengantarkan generasi kita pemimpin masa depan menuju Tanjung Pinang Smart City,” ajak Wan Samsi.

BACA JUGA  Walikota Lis : Saya Hanya Takut “KEPADA TUHAN”

Ditambah lagi Negara yang maju, yakni mereka memiliki tingkat Literasi yang tinggi. Tidak sekedar membaca, tapi mempraktekkan, menghasilkan barang/jasa yang bernilai jual untuk kesejahteraan masyarakat, atau semangat berliterasi untuk wujudkan kesejahteraan Masyarakat.

“Ini yang akan kita capai kedepan,” paparnya dengan optimis. (R Rich)

No More Posts Available.

No more pages to load.