, ,

Wan Siswandi dan Rodial Huda Saksikan Permainan Alu Warga Desa Sepempang

oleh
Wan Siswandi dan Rodial Huda Saksikan Permainan Alu Warga Desa Sepempang 1
Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Natuna, Wan Siswandi dan Rodial Huda, menyaksikan permainan Alu, di Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur. (Foto : Bernard Simatupang)
Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]

Sijori Kepri, Natuna – Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Natuna, Wan Siswandi dan Rodial Huda, menyaksikan permainan Alu, di Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur, Sabtu (19/9/2020) malam.

Permainan alu merupakan salah satu kesenian daerah Natuna. Alu sebenarnya alat yang digunakan untuk menghaluskan biji-bijian dan bisa juga dipungsikan untuk membuat tepung beras.

Namun dalam kesenian ini, permainan alu bertujuan untuk menghibur tamu yang sedang menyaksikannya yang biasa digelar pada hari-hari besar dan pesta pernikahan.

Dalam kesempatan itu, Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Natuna, Wan Siswandi dan Rodial Huda bersama rombongan, berkesempatan menyaksikannya dalam rangka memenuhi undangan masyarakat Desa Sepempang.

Saat berdialog dengan masyarakat, Calon Bupati Natuna, Wan Siswandi, mengapresiasi kelompok maupun sanggar kesenian yang masih eksis mempertahankan permainan tradisional ini.

Dikatakannya, kegiatan seperti ini harus terus digelorakan. Kebudayaan merupakan hal yang tidak bisa dinilai, jika cinta pada bangsa dan negara, kebudayaan harus tetap dilestarikan guna diwariskan ke generasi selanjutnya.

“Apapun ceritanya permainan Alu adalah tradisi kita. Kedepan budaya ini jangan sampai hilang, harus terus kita lestarikan,” ujarnya.

Lebih lanjut Wansis mengatakan, Permainan Alu bisa dijadikan motor untuk menarik perhatian wisatawan lokal maupun turis asing.

“Saya berharap, para generasi penerus mau belajar dan memelihara kebudayaan ini agar tidak punah ditelan zaman,” pungkasnya.

Hal senada juga diucapkan Balon Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda, sebagai budaya Melayu, permainan ini wajib dijaga kelestariannya hingga ke anak cucu.

Ia mengajak para generasi muda Natuna terus belajar, agar budaya tempatan tidak hanyut disapu arus perubahan zaman.

“Saya mengajak masyarakat Natuna, khususnya generasi muda, ayo sama-sama kita lestarikan permainan Alu ini,” tuturnya. (Nard)

banner 4921x615

banner 1280x160

banner 740x400

banner 1280x157

banner

banner 1050x130 banner 2560x472

banner 740x400

banner