Wan Siswandi Irup Peringatan “HARI BELA NEGARA KE 69”

oleh
Wan Siswandi Irup Peringatan “HARI BELA NEGARA KE 69” 1
Sekda Natuna, Wan Siswandi jadi Irup Peringatan Hari Bela Negara Ke 69, Kabupaten Natuna. (Foto : Bernard Simatupang)
Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

SIJORIKEPRI.COM, NATUNA — Sejarah mencatat bahwa Indonesia bisa berdiri tegak sebagai bangsa yang berdaulat tidak lepas dari semangat bela negara dari seluruh kekuatan rakyat yang berjuang mengorbankan jiwa raganya untuk membela tanah airnya dari para penjajah.

Demikian disampaikan Sekda Natuna, Wan Siswandi S.Sos M.Si, saat membacakan Pidato Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, pada Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke 69, Kabupaten Natuna, yang disejalankan dengan Apel 17 Hari Bulan dilingkungan Pemkab Natuna, di Halaman Kantor Bupati Natuna, Bukit Arai, Selasa, (19/12/2017).

Sekda Wan Siswandi, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), mengatakan, sejarah juga telah mencatat, bahwa membela negara tidak hanya dilakukan dengan kekuatan senjata, akan tetapi juga dilakukan oleh setiap warga negara dengan kesadarannya untuk membela negara dengan melakukan upaya-upaya politik maupun diplomasi.

“Pada momentum peringatan Hari Bela Negara hari ini, saya ingin mengajak seluruh rakyat belajar dari sejarah perjuangan bangsa, untuk menatap masa depan. Saat ini, tantangan dan ancaman terhadap kedaulatan bangsa, bukan hanya bersifat konvensional atau fisik semata, akan tetapi sudah berkembang baik fisik maupun non-fisik,” ujar Wansis.

Kesadaran Bela Negara, sambung Wansis, sangat penting untuk ditanamkan sebagai landasan sikap dan perilaku bangsa Indonesia. Hal ini merupakan bentuk revolusi mental sekaligus untuk membangun daya tangkal bangsa dalam menghadapi kompleksitas dinamika ancaman sekaligus untuk mewujudkan ketahanan nasional.

Oleh karena itu, jelas Wansis, saya berharap agar para kader Bela Negara dapat menyebarkan nilai-nilai Bela Negara menjadi sebuah kesadaran dan gerakan nasional, sebagai bentuk tanggung jawab bersama dalam mempertahankan Negara dan menjaga kelangsungan hidup Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

“Dengan semangat persatuan dan kekuatan rakyat semesta, serta kerja keras dan perjuangan kita bersama, maka bangsa ini akan mampu menghadapi segala ancaman dan tantangan. Itulah esensi dari sistem pertahanan rakyat semesta yang terbukti dalam sejarah bisa membuat Republik ini berdiri tegak dan kokoh,” pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut, seluruh Pimpinan OPD dan unsur Vertikal dilingkungan Pemkab Natuna, serta seluruh personil Bela Negara Kabupaten Natuna. (SK-Nard)

 

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

height="100%"

loading...
banner 740x400

banner

banner