Warga Binaan Rutan Kelas I Tanjungpinang Gelar Berbagai Perlombaan

oleh -11 views
height="100%"

– Peringati Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-51.

TANJUNGPINANG (SK) — Warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Tanjungpinang dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan ke-51, menggelar berbagi perlombaan dan turnamen olahraga yang bersifat religius, selain itu juga berbagai kegiatan hiburan juga ikut diperlombakan.

Kepala Rutan Kelas I Tanjungpinang, Kunrat Kasmiri usai menggelar Apel Hari Bakti Pemasyarakatan yang sekaligus pembukaan kegaitan mengatakan, dalam rangka Hari Bakti Pemasyarakatan yang ke-51, Rutan Kelas I Tanjungpinang akan menggelar beragai kegiatan olahraga yang akan diiukti seluruh warga binaan.

“Olahraga yang akan dipertandingkan diantaranya, lomba Volly Ball, Sepak Takrow, Tenis Meja, Billiard, Catur, Domino dan juga lomba Badminton. Perlombaan ini akan diikuti oleh seluruh warga binaan dan juga pegawai Rutan. Kegaitan ini akan dilaksanakan selama dua hari kedepan,” terang Kunrat, Jumat (10/4/2015).

Selain perlombaan olahraga tambah Kunrat, pihaknya juga dalam memperingati Hari Bakti Pemasayarakatan ini, mengegalar lomba yang bersifat keagamaan, salah satunya seperti lomba Adzan, Lomba Saritilawah, Lomba Menghapal Al-Quran dan juga Lomnba Ceramah agama.

“Jadi selain menggelar lomba berbagai olahraga, kita juga menggelar lomba kerohanian. Sehingga, warga binaan ini akan menjadi sehat jasmani dan juga sehat rohaninya. Selain menggelar lomba pihak rutan juga menggelar lomba yang bersifat menghibur dengan menggelar lomba karaoke dan lomba joget yang diikuti warga binaan laki-laki dan perempuan,” tuturnya lagi.

Bagi pemenang lomba ini ditambahkan Kunrat, peserta akan diberi hadiah dan piagam tentunya. Hadiah sendiri nantinya bukan seperti hadiah layaknya perlombaan di tengah masyarakat umum. Sebab ini rutan maka hadiahnya akan diberikan seperti kain sarung, sajadah, handuk dan keperluan keseharian lainnya.

“Tujuan utama dalam kegaitan ini, untuk  membina warga agar tidak merasa dibedakan dengan masyarakat umum lainnya diluar lembaga ini. Sehingga warga binaan ini akan memperbaiki diri dan juga tidak mengulangi perbuatan salahnya. Dan yang utama lagi, setelah keluar dari rutan ini, mereka bisa diterima lagi oleh masyarakat dan hidup berdampingan,” tukas Kunrat Kasmiri.

Sementara salah satu warga Binaan yang enggan disebutkan namanya mengatakan, kegaitan seprti ini sangat ditunggu oleh warga binaan tentunya. Sebab, warga binaan ini juga perlu mendapatkan olahraga dan hiburan, untuk menghilangkan rasa jenuh dan suntuk.

“Kami disini keseharian dibatasi, dan harus mengikuti aturan yang berlaku di lembaga ini. Berbeda dengan diluar lembaga ini, semua dapat di kerjakan dan dilakukan. Dengan adanya kegiatan ini, jelas kami sangat terhibur dan bermanfaat bagi kami semua dalam menghilangkan rasa jenuh,” katanya yang mengaku tersangkut kasus pidana narkoba.(SK-APN/R.Nst)

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]
banner 740x400 banner 740x400 banner 740x400 banner 740x400