LINGGA

Warga Bukit Kapitan Keluhkan Bau Sampah

×

Warga Bukit Kapitan Keluhkan Bau Sampah

Sebarkan artikel ini

LINGGA (SK) — Tidak tersedianya tempat pembuangan sampah di Dabo Singkep, membuat masyarakat dengan se-enaknya sebarangan membuang sampah yang bukan pada tempatnya. Tentu saja bagi masyarakat yang tinggal berdekatan dengan tempat sampah tersebut merasa terganggu terutama pada penciuman, karena dari tempat sampah yang dibuang warga tersebut mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Seperti yang terlihat dipinggir jalan di Bukit Kapitan bawah, yang masuk dalam daerah Kelurahan Dabo Lama, Kecamatan Singkep. Tepat bawah jalan tersebut terdapat sungai yang mengalir. Dipinggir jalan ini, terlihat tumpukan berbagai jenis sampah yang dibuang warga. Jika kita melewati jalan tersebut, bukan hanya mata saja yang terganggu dengan pemandangan tersebut, penciuman kita pun akan terganggu dengan bau yang keluar dari tumpukkan sampah tersebut.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

“Meski telah kita pasang tulisan yang melarang membuang sampah di tempat itu, namun, tetap saja warga membuangnya disitu,” ujar Alim salah seorang warga Bukit Kapitan, Kepada Sijori Kepri, Jum’at (30/10/2015).

Sampah ini, kata Alim lagi, bukan berasal dari masyarakat di sekitar sini, tapi kebanyakan berasal dari warga luar yang membuangnya ke tempat ini. Mungkin mereka ingin membuangnya kedalam sungai, namun, tidak sampai ke sungai sehingga bertumpuk dipinggir jalan ini.

“Saya pernah melihat warga dari daerah lain membuang sampahnya di sini, dan saya mengingatkan untuk tidak lagi membuang sampahnya di tempat ini. Tidak hanya sampah dari rumah tangga saja yang dibuang ditempat ini, bahkan bangkai binatang pun mereka buang disini, sehingga bau yang keluar jadi bertambah tak sedap dipenciuman,” paparnya.

Dikonfirmasi terpisah, Camat Singkep, H. Kisanjaya, mengaku, telah merima laporan dari warga tentang sampah ini. Selain itu, bersama Dinas kesehatan (Dinkes) Lingga, telah meninjau secara langsung ke tempat warga membuang sampah tersebut, kita berusaha mencari solusinya.

“Kita telah berkoordinasi dengan warga setempat, agar memasang pagar saja ditempat tersebut, sehingga warga tidak dapat lagi membuang sampah ditempat itu,” tandasnya. (SK-Pus)

LIPUTAN LINGGA : PUSPANDITO
EDITOR : RUSMADI

Sampah yang dibuang warga.(Foto : PUSPANDITO)
Sampah yang dibuang warga.
(Foto : PUSPANDITO)