Warga Desa Busung Panjang Resah Dengan Kehadiran Pukat Trawl

oleh

LINGGA (SK) — Kehadiran Pukat Trawl atau lebih dikenal dengan nama pukat harimau kembali meresahkan warga nelayan, seperti pada pemberitaan sebelumnya warga Desa Laboh, Kecamatan Senayang yang menangkap dan menyandra satu unit kapal pukat trawl, KM Mandiri, milik pengusaha asal Tanjung Pinang, Minggu (21/6/2015) lalu, karena warga nelayan merasa kesal dengan kehadiran pukat Trawl yang beroperasi di desa mereka, sehingga mengurangi penghasilan mereka dan merusak bubu yang mereka pasang dilaut, namun setelah dilakukan mediasi pukat trawl tersebut akhirnya dilepaskan.

Masalah pukat trawl ini kembali meresah warga nelayan, bahkan tidak tanggung-tanggung puluhan pukat trawl beroperasi diperairan pulau Selingsing, Desa Busung Panjang, Kecamatan Singkep Barat, Kabupaten Lingga, karena merasa kesal dengan ulah pukat trawl tersebut, membuat warga Desa Busung panjang yang berprofesi sebagai nelayan mendatangi Kantor Kepala Desa, pada Minggu (5/7/2015) lalu.

Baharudin, Kepala Desa Busung Panjang, saat dihubungi membenarkan, adanya warga nelayan desanya yang meminta penyelesaian masalah pukat trawl tersebut, mereka (para nelayan-Red) meminta agar pukat trawl yang beroperasi dilaut pulau Selingsing yang masuk dalam wilayah desa busung panjang segera dihentikan, ada sekitar 20 kapal pukat yang secara bebas beroperasi dilaut tersebut.

BACA JUGA  Warga Desa Laboh Sandra Kapal Pukat Trol

“Warga nelayan mengeluh dengan keberadaan kapal pukat trawl itu, karena telah merusak bubu yang banyak dipasang nelayan laut tersebut,” ujar Baharudin, kepada wartawan, kemarin.

Saya telah meminta kepada warga, kata Baharudin, agar mencari jalan yang lebih baik dalam penyelesaian masalah ini agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, selain itu, saya minta kepada warga untuk berkoordinasi dengan pihak penegak hukum.

“Kapal pukat trawl tersebut beroperasi pada malam hari, saat ini 20 unit kapal pukat tersebut sedang bersandar di Desa Busung Panjang, kita akan menyelesaikan masalah ini secepatnya,” imbuhnya. (SK-Pus)

LIPUTAN LINGGA : PUSPADINTO
EDITOR : DEDI YANTO

Baharudin, Kades Busung Panjang (Photo : Puspadinto)
Baharudin, Kades Busung Panjang (Photo : Puspadinto)
Warga Desa Busung Panjang Resah Dengan Kehadiran Pukat Trawl (Photo : Puspadinto)
Warga Desa Busung Panjang Resah Dengan Kehadiran Pukat Trawl (Photo : Puspadinto)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.