,

Warga Durai Minta Pemkab Karimun Sediakan Kapal Angkutan Umum

oleh
Warga Durai Minta Pemkab Karimun Sediakan Kapal Angkutan Umum 1
Warga Kecamatan Durai H. Syamsudin. (Foto : Taufik)
banner 1102x276

Click to rate this post!
[Total: 3 Average: 5]

Sijori Kepri, Karimun – Hingga kini, ketersediaan Kapal Angkutan Umum sangat minim di Kecamatan Durai, Kabupaten Karimun. Akibatnya warga kesulitan bepergian. Warga minta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun, menyediakan Kapal Angkutan Umum di daerah ini.

“Kecamatan Durai saat ini hanya disinggahi kapal SB Terra Joan Group dari Karimun menuju Guntung. Itu pun hanya sekali. Untuk kembali lagi ke Karimun kapal tersebut tidak singgah ke Durai,” ujar warga Durai, Syamsudin, Minggu, (4/10/2020).

Kecamatan Durai berada di pulau berbatasan langsung dengan Tanjung Batu dan Sei Guntung, tepatnya di tengah-tengah di antara Pulau Sanglar dan Pulang Burung.

Warga di Kecamatan Durai ini jika ingin berangkat ke Karimun mengunakan kapal pompong melalui Tanjung Batu, Kecamatan Kundur, terlebih dahulu. Untuk sampai sasaran ke Karimun menempuh waktu 8 sampai 9 jam perjalanan mengunakan kapal tersebut.

Syamsudin mengatakan, terbatasnya transportasi antar pulau berdampak pada lemahnya pelayanan pemerintah kepada masyarakat dan lambannya pertumbuhan ekonomi warga.

Ia juga menambahkan, saat ini Durai sangat tertinggal jauh dibandingkan Pulau lain yang ada di Kabupaten Karimun. Dan merasa saat ini warga Durai kurang diperhatikan, khususnya masalah tranportasi membuat serba sulit. Urusan apapun semua jadi lambat, ditambah lagi jaringan internet masih terbatas.

“Jujur saja, kami seperti dianaktirikan. Apa lagi musim sekarang angin kencang, berbeda dengan pulau-pulau yang lain banyak di singgahi kapal,” ujarnya.

Warga Durai berharap kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun, Dinas Perhubungan dan Syahbandar, agar cepat bertindak tegas dan menegur pihak PT. Terra Joan Jaya, agar mempertimbangkan untuk penambahan rute menuju pulau mereka ke Karimun.

“Kami berharap kepada Pemerintah dan Dinas terkait agar menegur pihak Perusahaan Pelayaran Rakyat PT. Terra Joan Jaya ada penambahan rute kapal SB Terra Joan untuk Durai Ke Karimun, karena sekarang urusan kita sudah semakin banyak, jangan sampai terjadi hal seharusnya tidak inginkan,” katanya. (Wak Fik)

banner 4921x615

banner 1280x160

banner 740x400

banner 1280x157

banner

banner 1050x130 banner 2560x472

banner 740x400

banner

loading...