GESER UNTUK BACA BERITA
Example 325x300
KEPRIPOLITIKTANJUNG PINANG

Warga Kepri Berharap Pelaku Politik Uang Ditindak Tegas

×

Warga Kepri Berharap Pelaku Politik Uang Ditindak Tegas

Sebarkan artikel ini
Direktur Gurindam Research Centre (GRC), Raja Dachroni. (Foto : Ist)

Sijori Kepri, Tanjung Pinang — Harapan warga pemilih di Kepulauan Riau (Kepri) agar penegakan hukum yang tegas diterapkan bagi para pelaku politik uang (money politik) mencapai prosentasi tertinggi, yaitu 32,2 persen.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Baru-baru ini, Gurindam Research Centre (GRC), melakukan survei yang digelar pada 25 Oktober hingga 2 November 2020, menggunakan metode multistage random sampling dengan toleransi kesalahan sebesar lebih kurang 2,75 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

BACA JUGA :  Di Pinang, Ceker Setan Jadi Serbuan “LAUK BUKA PUASA”

Populasi survei ini adalah warga Kepulauan Riau yang berdomisili di 7 (tujuh)Kabupaten/Kota di Kepri dan telah mempunyai hak pilih, yaitu berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah ketika dilakukan survei.

Direktur Gurindam Research Centre (GRC), Raja Dachroni, mengatakan, baru saja akhir bulan Oktober dan awal November lalu melakukan survey prilaku pemilih. Terkait praktek politik uang (money politik) yang kerap muncul menjelang pesta demokrasi, baik Pemilu ataupun Pilkada kali ini, masyarakat Kepri berharap ada upaya-upaya untuk menekan praktek haram tersebut.

BACA JUGA :  3 Tersangka Migas di Batam Terancam 6 Tahun Penjara dan Denda Rp 6 Miliar

“Ada beberapa upaya yang diharapkan dengan persoalan ini, diantaranya melakukan penegakan hukum yang tegas terhadap pelaku politik uang sebanyak 32,2 persen,” ungkapnya.

Selanjutnya, sosialisasi massif tentang sanksi hukum bagi pelaku dan penerima politik uang 18,9 persen, nomor khusus pengaduan praktek politik uang 15,3 persen, gerakan sosial warga menolak politik uang 12,2 persen, sayembara hadiah yang berhasil menangkap politik uang 3,0 persen, lainnya 0,8 persen, tidak menyikapi atau tidak menjawab 17,6 persen.

BACA JUGA :  Wan Siswandi-Rodial Huda Temu Ramah Bersama Warga Desa Batu Gajah