Scroll untuk baca artikel
HEADLINEPOLITIKPROFILTANJUNG PINANG

Warga Kepri Wajib Tahu! Ini Profil Hanafi Ekra, Anggota DPRD Provinsi Kepri, Meniti Karir Mulai dari Guru dan Dosen

×

Warga Kepri Wajib Tahu! Ini Profil Hanafi Ekra, Anggota DPRD Provinsi Kepri, Meniti Karir Mulai dari Guru dan Dosen

Sebarkan artikel ini
Anggota DPRD PRovinsi Kepri, Hanafi Ekra. (Foto : Ist)

TANJUNG PINANG – Hanafi Ekra adalah putra asli Dabo Singkep yang saat ini masih menjadi anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau (Provinsi Kepri) dari Partai Keadilah Sejahtera (PKS), dapil Bintan Lingga, dimana ia sebagai Ketua Fraksi, dan berada di komisi 4 DPRD Provinsi Kepri.

Dari prinsipnya, keadilan itu bukan hanya diperjuangkan saja, tetapi harus dikawal. Oleh sebab itulah tujuan ia menjadi wakil rakyat adalah untuk mengawal keadilan dan kesejahteraan untuk masyarakat Kepulauan Riau, yang juga menjadi motto-nya peribadi.

Geser Untuk Lanjutkan Baca Berita
Geser Untuk Lanjutkan Baca Berita

Hanari Ekra Lahir di Dabo Singkep pada Tanggal 23 April 1967 di Kampung Pasir Kuning, Kabupaten Lingga. Saat ini ia tinggal di Kampong Melayu Keke, Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan.

BACA JUGA :  Resmikan Proyek Integrasi Pelantar 1 dan 2 Tanjung Pinang, Ansar Yakin Dapat Memacu Pertumbuhan Ekonomi

Tujuan beliau menjadi wakil rakyat selain memberikan kontribusi untuk masyarakat Kepri, juga berbakti kepada orang tuanya dengn menjadi manusia yang memberi manfaat banyak kepada orang lain.

Nama ayah beliau adalah Atan Mekah (Keton, Daik), dan nama Ibu adalah Chatijah (Bakong, Dabo Singkep).

Tahun 0994, Hanafi menikah denga Zaleha Binti Fadilah Tamjid (Kijang), dan memiliki Putra/Anak : 9 (sembilan) orang.

Sebelum menjadi anggota DPRD Kepri, Hanafi pernah menjadi guru dan dosen.

Adapun riwayat pekerjaan Hanafi antara lain menjadi guru sejak tahun 1986 – tahun 2000, Dosen STAI Miftahul Ulum Tanjung Pinang tahun 2000 hingga 2010 dan anggota DPRD Provinsi Kepri sejak tahun 2006.

BACA JUGA :  Bawaslu Kota Bekasi Ajak Generasi Z Aktif Awasi Tahapan Pemilu 2024

Selain sebagai anggota DPRD Kepri yang masih aktif, Hanafi Ekra juga dikenal masyarakat sebagai seorang Ustadz, karena selalu membimbing masyarakat melalui ceramah-ceramahnya, dan mengisi jadwal Khatib di masjid-masjid, serta aktif mengisi pengajian dan majelis taklim di pulau-pulau.

Hal itu wajar saja karena beliau memiliki latar belakang pendidikan yang di bidang keagamaan.

Riwayat Pendidikan Hanafi Ekra, kalau dimulai dari awal adalah SD Negeri 04 Dabo Singkep, SMP Negeri 01 Dabo Singkep, SPG Negeri Kota Tanjungpinang, S1 Fakultas Tarbiyah IAIN SUSQA Pekan Baru dan S2 Program Pascasarjana Universitas Sunan Giri Surabaya.

Selain itu juga, Hanafi Ekra juga aktif di oraganisasi, seperti Pramuka, dimana Hanafi juga selalu mendapat penghargaan.

BACA JUGA :  Bawaslu Intruksikan 8 TPS di Kota Tanjung Pinang Digelar Pencoblosan Ulang, Ini Penyebabnya

Riwayat Organisasi antara lain, Pramuka sebagai Andalan pramuka Kwarda Kepri, Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Provinsi Kepri, Ketua MPW Partai Keadilah Sejahtera Provinsi Kepri, Ketua Pembina Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Provinsi Kepri, dan Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kepri sejak 2020 hingga sekarang.

Untuk riwayat penghargaan, Hanafi mendapatkan Lencana Pancawarsa IV Kwarda Pramuka Provinsi Kepri dan Lencana Karya Bhakti Kwarda Pramuka Provinsi Kepri.

Saat ini Hanafi Ekra S.Ag MPd mencalonkan kembali sebagai Calon Anggota DPRD Provinsi Kepri dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dapil Bintan Lingga, Periode 2024-2029. ***

(Red)

Share and Enjoy !

Shares
Shares
DMCA.com Protection Status