ANAMBAS

Wujudkan Transformasi Pendidikan, BPMP Kepri dan Disdikpora Anambas Gelar Program Gebyar Sekolah Sehat

×

Wujudkan Transformasi Pendidikan, BPMP Kepri dan Disdikpora Anambas Gelar Program Gebyar Sekolah Sehat

Sebarkan artikel ini
Kegiatan Program Gebyar Sekolah Sehat (GSS) di Lapangan Sulaiman Abdullah, Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas. (Foto : Ist)

ANAMBAS — BPMP Provinsi Kepri bersama Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kepulauan Anambas sukses menggelar Program Gebyar Sekolah Sehat (GSS) di Lapangan Sulaiman Abdullah, Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas, pekan lalu.

Acara Program Gebyar Sekolah Sehat (GSS) ini merupakan bagian dari program prioritas untuk mewujudkan transformasi pendidikan yang digagas oleh Kemendikbudristek.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Dalam siaran pers BPMP Kepri, GSS termasuk dalam agenda nasional yang bertema “Bergerak Bersama Wujudkan Generasi Sehat, Kuat, Cerdas, dan Berkarakter”. Selain menggelar GSS, Disdikpora dan BPMP Kepri juga mengadakan Festival Kurikulum Merdeka.

Berbagai stand pameran ditampilkan, diantaranya dari SMPN 1 Siantan, SMPN 2 Siantan, SDN 003 Tarempa, SDN 001 Tarempa, SMPN 1 Nyamuk, SDN 004 Letung. Selain itu, turut berpartisipasi Komunitas Guru Penggerak Angkatan 6 hingga 10, serta Kelompok Kerja Kepala Sekolah Kecamatan Siantan.

Setiap stand memamerkan inovasi dan kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangka menjalankan Kurikulum Merdeka. Acara dimulai dengan penyambutan delapan dokter kecil yang merupakan peserta didik.

Kabid Pemuda dan Olahraga Disdikpora Anambas, Rusdi, yang juga selaku ketua panitia penyelenggara GSS, mengatakan tujuan kegiatan ini adalah untuk mendorong gerakan bersama yang melibatkan peran serta pemerintah pusat, pemerintah daerah, masyarakat, satuan pendidikan, dan para pemangku kepentingan lainnya dalam menerapkan Gerakan Sekolah Sehat.

Ia juga menjelaskan GSS meliputi lima aspek utama atau 5S, yakni sehat bergizi, sehat fisik, sehat imunisasi, sehat jiwa, dan sehat lingkungan.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk mewujudkan anak Indonesia yang sehat, kuat, cerdas, dan berkarakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila dan generasi emas Indonesia,” kata Rusdi.

Secara seremonial, acara dilanjutkan dengan pelepasan balon secara simbolis yang dipimpin Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Kepulauan Anambas, Ody Karyadi.

Dalam sambutannya, Ody Karyadi menyampaikan pentingnya penerapan gerakan 5S tersebut.

“Kami mengajak seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Anambas, khususnya satuan pendidikan, untuk menerapkan gerakan 5S agar anak-anak di Anambas memiliki fisik yang sehat dan kemampuan intelektual yang tinggi untuk masa depan yang lebih baik,” ujarnya.

Rangkaian kegiatan Gebyar Sekolah Sehat meliputi menyaksikan video montase kegiatan Gerakan Sekolah Sehat, interaksi bersama tim pusat melalui Zoom, gerak lagu sekolah sehat, dan minum air putih bersama. Acara juga mencakup sarapan bersama, pemberian tablet tambah darah, bermain permainan rakyat dan olahraga tradisional, serta peresmian stand pameran.

Gebyar Sekolah Sehat ini diharapkan dapat menjadi langkah nyata dalam meningkatkan kesadaran dan partisipasi seluruh komponen masyarakat dalam mewujudkan generasi yang lebih sehat dan berkarakter.

Acara ini turut dihadiri oleh Wakil Ketua 2 DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, Forkopimda Anambas, kepala perangkat daerah, pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik dari seluruh jenjang di Kecamatan Siantan. ***

(Red)

Follow