Yuzet Buka Kegiatan Workshop PUS Se-Provinsi Kepri

oleh
– Di Hotel Virgo – Kota Batam.

BATAM (SK) — Dinas Pendidikan Provinsi Kepri menyelenggarakan kegiatan Workshop Pendidikan Untuk Semua (PUS) Se-Provinsi Kepri Tahun 2014. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Kepri Yuzet S.Pd MM, bertempat di Hotel Virgo – Kota Batam, Jumat (28/11/2014).

Dalam sambutannya Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Kepri Yuzet S.Pd MM mengatakan, Keberadaan dan fungsi Forum Koordinasi Pendidikan untuk Semua sangat penting dan strategis dalam mencapai keberhasilan pelaksanaan program Pendidikan untuk Semua di Indonesia. Hal ini mengingat, peran koordinasi dan konsolidasi yang bersifat lintas sektoral tidak mudah dilakukan jika mengandalkan lembaga/dinas teknis yang ada.

“Kehadiran dan keberadaan Forum Koordinasi Pendidikan untuk Semua diharapkan dapat mengatasi hambatan birokratik yang biasanya terjadi dalam organisasi pemerintahan Indonesia. Namun, peran yang strategis ini tidak akan berjalan dengan baik, jika perangkat dan mekanisme kerja organisasi belum optimal dirancang,” kata Yuzet.

Dikatakan Yuzet, Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 mengamanatkan, betapa strategis dan pentingnya upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, sehingga pendidikan bukan hanya hak, tetapi merupakan kewajiban bagi semua warga. Maka program wajib belajar terus kita gulirkan sejak lama, dalam rangka memenuhi amanah Undang-Undang Dasar 1945.

BACA JUGA  Disdik Kepri Gelar "GEBYAR SENI di DABO SINGKEP"

“Prinsip pendidikan sepanjang hayat (long life education) mestinya menjadi komitmen kita bersama dalam menyiapkan generasi masa depan Indonesia dengan lebih baik, agar terwujud insan Indonesia yang cerdas dan berdaya saing tinggi sesuai dengan visi Departemen Pendidikan Nasional,” ujar Yuzet.

Dia mengharapkan, dengan diselenggarakannya kegiatan ini, selain dapat meningkatkan akses pelayanan kegiatan PUS dan memberikan pedoman kepada koordinator PUS serta kelompok kerja, kegiatan ini hendaknya dapat meningkatkan partisipasi penduduk dalam peningkatan pendidikan.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan dan juga sebagai Kepala Seksi Pendidikan Masyarakat Dinas Pendidikan Provinsi Kepri Nelson Yanry S.Kom,.MM, mengatakan, kegaitan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan orientasi dan pemahaman yang tepat mengenai kedudukan dan fungsi Forum Koordinasi PUS dalam pelaksanaan program Pendidikan untuk Semua di Indonesia.

Selain itu, kata Nelson, bertujuan untuk menjelaskan manajemen dan organisasi serta mekanisme pengelolaan kegiatan forum di pusat dan daerah secara efektif dan efisien, serta untuk mengefektifkan pencapaian target-target PUS secara nasional yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi daerah.

BACA JUGA  Disdik Kepri Gelar FLS2N Jenjang SMK Tahun 2021

“Kegiatan Workshop PUS Se-Provinsi Kepri ini diikuti oleh Para pengurus Forum Koordinasi Nasional Pendidikan Untuk Semua dan anggota Kelompok Kerja (POKJA) PUS di Tingkat Provinsi, dan Kabupaten/Kota, Para pejabat terkait di tingkat pusat baik departemen dan instansi pemerintah dan swasta terkait, serta para pejabat dan pemangku kepentingan (stakeholders) pendidikan pada tingkat daerah, seperti Bapeda, Dinas Pendidikan, Dinas Tenaga Kerja, dan lain-lain, baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota,” kata Nelson.

Kegiatan Workshop Pendidikan Untuk Semua (Pus) Se-Provinsi Kepri Tahun 2014 tersebut, diselenggarakan mulai tanggal 28 hingga 30 November 2014, menghadirkan nara sumber dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional dan nara sumber dari daerah. (SK-001)

LINK : http://en.calameo.com/read/00374539267ed41bd91a9

 

No More Posts Available.

No more pages to load.