Zairah Kubur Jelang Ramadhan

oleh

LINGGA (SK) — Seperti sudah menjadi kewajiban bagi umat Islam, sehari sebelum mejelang Bulan Puasa, Tempat pemakaman umum (TPU) ramai dikunjungi masyarakat yang berziarah ke makam keluarga mereka, di Dabo Singkep TPU Telex, TPU Bukit Leban dan TPU pasir putih adalah TPU yang paling ramai dikunjungi oleh masyarakat Dabo.

Indah, salah seorang warga Dabo, yang ditemui saat melakukan ziarah kubur di TPU Telex, mengaku tidak hanya untuk menyambut puasa saja ia baru melakukan ziarah kubur, pada hari-hari tertentu juga ia melakukan ziarah ke makam ayah nya.

“Hanya pada saat menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan, saat ziarah kubur ia datang bersama keluarga, memang setiap tahun dalam menyambut puasa kami melakukan ziarah kubur bersama keluarga, selain berdo’a untuk almarhum ayah, kami juga membersihkan makam,” ujarnya. Kepada Sijori Kepri, Rabu (17/6/2015) Di TPU Telex.

Muhamad, saat di temui TPU Bukit Leban, Dabo Lama, menuturkan, sebenarnya tidak hanya dalam menyambut Bulan Ramadhan saja ia melakukan ziarah kubur, semestinya kalau bisa setiap Jum’at kita melakukan ziarah kubur, namun karena kesibukan dan barbagai hal membuat kita tidak dapat melakukannya.

BACA JUGA  Ziarah Kubur Harus Kenakan Masker dan Hanya Boleh 20 Menit

“Saya sendiri pun tidak dapat melakukan ziarah kubur setiap Jum’at, walau tidak terlalu sering namun ia berusaha melakukan ziarah kubur agar tidak lupa, sebab dalam satu tahun saja kita tidak mengunjungi kita kadang lupa dimana kuburan Ibu/Ayah kita, karena telah banyak kuburan lainnya,” paparnya. (SK-Pus)

LIPUTAN LINGGA : PUSPADINTO
EDITOR : DEDI YANTO

Zairah Kubur Jelang Ramadhan (Photo : Puspadinto)
Zairah Kubur Jelang Ramadhan (Photo : Puspadinto)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.