ANAMBASHEADLINE

Kronologis Kejadian Kapal KM Inka Mina Maritim Kandas di Karang Bersama 105 Penumpang

×

Kronologis Kejadian Kapal KM Inka Mina Maritim Kandas di Karang Bersama 105 Penumpang

Sebarkan artikel ini
105 penumpang KM Inka Mina Maritim yang kandas di perairan pesisir timur Kabupaten Kepulauan Anambas berhasil dievakuasi Tim rescue gabungan dari Satpolairud Polres Kepulauan Anambas. (Foto : Ist)

ANAMBAS – Kapal KM Inka Mina Maritim yang membawa 105 penumpang, termasuk guru dan siswa-siswi SMP Siantan, kandas di perairan pesisir timur Kabupaten Kepulauan Anambas pada Minggu malam (15/9/2024).

Kasat Polairud Polres Kepulauan Anambas, IPTU Giovany Casanova, menjelaskan
kronologis kejadian berawal pada Minggu (15/9/2024) sekira pukul 18.15 WIB, KM Inka Mina Maritim GT 42 NO. 13/Bd berangkat dari Pelabuhan Air Nangak menuju Pelabuhan Tarempa. Namun, pada pukul 19.00 WIB, kapal mengalami kandas di perairan Kecamatan Siantan pada koordinat 3° 13.220’N 106° 16.390’E.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Tim gabungan langsung melakukan evakuasi terhadap para penumpang. “Pukul 19.15 WIB, Satpolairud, Lanal Tarempa, Basarnas, BPBD, dan KM Nelayan Abadi II bergerak cepat untuk memberikan pertolongan,” ungkap IPTU Giovany Casanova.

Sementara itu, Wakapolres Kepulauan Anambas, Kompol Hendrianto, menjelaskan bahwa kandasnya kapal disebabkan oleh kurangnya pemahaman nakhoda terhadap alur perairan, ditambah dengan kondisi air yang surut dan arus yang kencang. Meski begitu, kapal tidak dalam kondisi overkapasitas.

“Semua penumpang berhasil dievakuasi dengan selamat, tidak ada korban jiwa,” kata Kompol Hendrianto. Evakuasi dilakukan menggunakan kapal bantuan dari Basarnas, BPBD, dan KM Nelayan Abadi II.

Kompol Hendrianto juga mengingatkan masyarakat yang menggunakan transportasi laut untuk selalu mematuhi izin berlayar dari Syahbandar serta memperhatikan informasi cuaca dari BMKG demi keselamatan berlayar.

“Jangan berlayar jika tidak ada izin, dan pastikan kondisi laut aman,” tutupnya. ***

banner 200x200
Follow