HEADLINETANJUNG PINANG

BMKG Tanjung Pinang: Waspada Potensi Hujan dan Petir di Tanjung Pinang dan Kabupaten Bintan pada 24 September 2024

×

BMKG Tanjung Pinang: Waspada Potensi Hujan dan Petir di Tanjung Pinang dan Kabupaten Bintan pada 24 September 2024

Sebarkan artikel ini
BMKG Tanjung Pinang mengeluarkan prakiraan cuaca untuk wilayah Kota Tanjung Pinang dan Kabupaten Bintan pada 24 September 2024. (Foto : BMKG)

TANJUNG PINANG – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Tanjung Pinang mengeluarkan prakiraan cuaca untuk wilayah Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan pada 24 September 2024. Prakiraan ini berlaku mulai pukul 07.00 WIB, dengan peringatan dini terkait potensi cuaca ekstrem.

Berdasarkan laporan BMKG, kondisi cuaca pada pagi dan siang hari diperkirakan akan terjadi hujan ringan (🌦️) di sebagian besar wilayah, termasuk Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan. Sedangkan pada malam hingga dini hari cuaca akan beralih menjadi berawan (☁), memberikan sedikit ketenangan setelah hujan.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Selain itu, BMKG juga memberikan peringatan dini untuk mewaspadai potensi awan Cumulonimbus (CB) yang dapat menyebabkan hujan ringan hingga sedang, disertai petir dan angin kencang yang bersifat lokal, khususnya pada pagi dan siang hari.

“Kondisi ini berpotensi meningkatkan risiko bencana cuaca ekstrem, seperti angin kencang dan petir. Kami mengimbau masyarakat untuk tetap waspada, terutama saat beraktivitas di luar rumah,” ujar Prakirawan BMKG Tanjung Pinang.

Adapun, kecepatan angin diperkirakan akan bertiup dari arah Tenggara hingga Barat Daya, dengan kecepatan mencapai 05 hingga 25 km/jam. Suhu udara di Tanjungpinang dan Bintan berkisar antara 25 – 30°C, dengan tingkat kelembapan mencapai 60 – 95%.

Selain itu, BMKG juga melaporkan kondisi ketinggian gelombang signifikan di perairan sekitar Kepulauan Riau, dengan rata-rata mencapai 0.5 hingga 1.0 meter di beberapa wilayah perairan, termasuk Tanjungpinang, Batam, Karimun, Bintan, Lingga, Anambas, dan Natuna.

Terkait titik panas (hotspot), per 24 September 2024 pukul 06.00 WIB, BMKG memastikan bahwa tidak ditemukan titik panas di wilayah Tanjungpinang dan Bintan.

Masyarakat diminta untuk terus memantau perkembangan cuaca melalui aplikasi dan situs resmi BMKG guna mendapatkan informasi terbaru terkait kondisi cuaca di wilayah mereka.

Kontak BMKG Tanjungpinang:
☎️ 0811 7786 091
🌐 bmkg.go.id

banner 200x200
Follow