BATAMHEADLINEKARIMUN

Prakiraan Cuaca Kepulauan Riau, Senin 30 September 2024: Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang Disertai Petir di Kabupaten Karimun

×

Prakiraan Cuaca Kepulauan Riau, Senin 30 September 2024: Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang Disertai Petir di Kabupaten Karimun

Sebarkan artikel ini
Prakiraan Cuaca Kepulauan Riau, Senin 30 September 2024. (Foto : BMKG Hang Nadim Batam)

BATAM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi cuaca ekstrem di wilayah Kepulauan Riau pada Senin, 30 September 2024. Berdasarkan prakiraan cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG, kondisi atmosfer esok hari cenderung labil dengan kelembapan udara yang tinggi di lapisan atas. Hal ini memicu pertumbuhan awan hujan di berbagai wilayah Kepri.

Secara umum, cuaca di Kepulauan Riau diperkirakan berawan dengan potensi hujan ringan hingga sedang yang akan terjadi pada pagi dan siang hari. Seluruh wilayah di Kepri, termasuk Tanjung Pinang, Batam, Bintan, Karimun, dan Lingga, berpotensi terdampak.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Namun, BMKG memberikan peringatan dini (WARNING) kepada masyarakat agar waspada terhadap kemungkinan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat, petir, serta angin kencang berdurasi singkat, terutama pada pagi hingga siang hari di Kabupaten Karimun.

Labilitas udara lokal dan kelembapan yang tinggi memicu ketidakstabilan cuaca, sehingga masyarakat diimbau untuk berhati-hati saat beraktivitas di luar ruangan. Kondisi ini juga dapat berpotensi mengganggu transportasi darat dan laut.

BMKG menyarankan warga untuk terus memantau prakiraan cuaca terkini, yang dapat diakses melalui laman resmi BMKG di https://cuaca.bmkg.go.id/, yang menyediakan prakiraan cuaca hingga level kecamatan dan desa.

Forecaster on Duty, Ibnu Susilo, mengatakan bahwa cuaca esok hari perlu diantisipasi dengan baik, terutama bagi wilayah yang rentan terhadap banjir atau longsor.

Masyarakat yang ingin memperoleh informasi lebih lanjut mengenai perkembangan cuaca di Kepulauan Riau dapat menghubungi pihak BMKG setempat atau memantau media sosial resmi mereka untuk pembaruan cuaca secara real-time. ***

banner 200x200
Follow