BATAMHEADLINE

Jumlah ABK Kapal Roro KMP Tandemand Yang Terbakar di Perairan Telaga Punggur Batam Selamat Jadi 17 Orang

×

Jumlah ABK Kapal Roro KMP Tandemand Yang Terbakar di Perairan Telaga Punggur Batam Selamat Jadi 17 Orang

Sebarkan artikel ini
Kapal Roro KMP Tandemand yang terbakar. (Foto : Basarnas)

BATAM – Kapal roro KMP Tandemand dengan tanda panggil YEOX dilaporkan mengalami kebakaran saat berada di perairan 0,72 Nautical Mile (NM) selatan Telaga Punggur, Batam, pada Rabu (2/10/2024). Kapal berbendera Indonesia ini membawa 17 orang Anak Buah Kapal (ABK), dan hingga saat ini, tidak ada korban jiwa yang dilaporkan.

Kejadian kebakaran pertama kali dilaporkan oleh Kapal SMS Steadfast kepada petugas Vessel Traffic Service (VTS) Batam pada pukul 14.49 WIB. Setelah menerima laporan, VTS Batam langsung meneruskan informasi tersebut kepada kapal patroli KN Kalimasadha P 115 untuk segera melakukan penanganan di lokasi.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Pukul 15.13 WIB, Kepala Pangkalan menerima kabar dari Koordinator Operasi bahwa KMP Tandemand, yang biasa melayani rute Karimun-Batam, terbakar saat dalam posisi lego jangkar di perairan Pulau Kasam. Kebakaran tersebut terjadi saat kapal tidak sedang berlayar, melainkan dalam kondisi berlabuh.

Sebagai langkah darurat, kapal patroli KN.P 376 bergerak dari Batu Ampar menuju Telaga Punggur pada pukul 15.29 WIB untuk memeriksa situasi dan kondisi KMP Tandemand. Hingga pukul 18.38 WIB, kapal patroli KN Rantos masih berada di lokasi kejadian untuk melakukan proses pendinginan dan memastikan api telah benar-benar padam.

Berbagai pihak terkait telah berkoordinasi untuk menangani insiden ini, termasuk memastikan keselamatan seluruh kru kapal serta meminimalisir kerusakan lebih lanjut. Hingga berita ini diturunkan, situasi di lokasi kebakaran masih dalam pemantauan dan proses investigasi lebih lanjut sedang berlangsung untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran. ***

banner 200x200
Follow