DAERAHHEADLINE

Kebakaran Kapal KM La Bounce di Teluk Kendari

×

Kebakaran Kapal KM La Bounce di Teluk Kendari

Sebarkan artikel ini
Kebakaran Kapal KM La Bounce di Teluk Kendari. (Foto : SC)

KENDARI – Kapal penangkap ikan KM La Bounce terbakar di perairan Teluk Kendari, dekat Jembatan Teluk Kendari, Kamis sore, 3 Oktober 2024. Kebakaran yang diperkirakan terjadi akibat arus pendek listrik di kamar mesin dengan cepat menyebar ke ruang kemudi dan haluan kapal.

Peristiwa ini terjadi sekira pukul 17.00 WITA. Nakhoda kapal, Mustofa, bersama awak kapal dan warga setempat segera berusaha memadamkan api dengan mesin alkon, namun upaya tersebut gagal mengatasi kobaran api yang semakin membesar. KM La Bounce, yang sedang dalam proses docking untuk perbaikan lambung, dalam kondisi miring ke kanan saat kebakaran terjadi.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Bantuan tiba sekira pukul 17.30 WITA, dengan dua unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. Namun, kapal patroli KN.P 370 yang turut serta membantu tidak dapat mendekati lokasi kejadian karena kondisi air yang surut.

Kebakaran diduga disebabkan oleh arus pendek listrik dari rumah warga setempat, Rasain Tata, yang menyambungkan listrik ke kamar mesin kapal. Di dalam kamar mesin, terdapat tangki harian berisi 15 liter bahan bakar yang mempercepat penyebaran api.

Setelah kerja keras petugas pemadam kebakaran dan warga, api akhirnya berhasil dipadamkan pada pukul 18.40 WITA. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, namun kerusakan materiil pada kapal diperkirakan cukup besar.

Kejadian ini mengingatkan pentingnya kehati-hatian dalam penggunaan listrik, terutama di sekitar bahan mudah terbakar, khususnya pada kapal yang sedang diperbaiki. ***

banner 200x200
Follow