BATAMKEPRI

Wakili Gubernur, Asisten 2 Buka Rakor Kesbangpol Se-Provinsi Kepri

×

Wakili Gubernur, Asisten 2 Buka Rakor Kesbangpol Se-Provinsi Kepri

Sebarkan artikel ini
Asisten 2 Kepri, Syamsul Bahrum, membuka acara Rapat Koordinas (Rakor) Badan Kesbangpol Se-Provinsi Kepri. (Foto : Ist)
Kepala Kesbangpol Kepri, Lamidi, bersama para undangan Rapat Koordinas (Rakor) Badan Kesbangpol Se-Provinsi Kepri. (Foto : Ist)

Sijori Kepri, Batam — Mewakili Gubernur Kepulauan Riau (Gubernur Kepri), Ansar Ahmad, Asisten 2 Kepri, DR Syamsul Bahrum Phd, membuka secara resmi kegiatan Rapat Koordinas (Rakor) Badan Kesbangpol Se-Provinsi Kepri, di lantai 3 Hotel Harmoni One, Jumat, (09/04/2021). Rakor mengambil tema “Pembahasan Isu-Isu Strategi Tahun 2021”

Dalam sambutannya, Samsul Bahrum, mengatakan, urusan konkuren bagi Pemda adalah pelayanan dasar, sedangkan urusan pemerintah secara umum, langsung oleh Presiden melalui Mendagri.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Tugas Kesbangpol dari hulu sampai hilir ini urusannya adalah di bidang Wawasan Kebangsaan, fasilitasi FKPD, tugas Politik, dan apabila tidak ada urusan instansi yang kelola, maka diambil alih Kesbangpol.

Pembahasan issue-isue strategis tahun 2021, dimana urusan pemerintahan umum dapat dilihat proxy war penetrasi asing, penetrasi ekonomi, operasi inteligen, ciber crime, konflik ideologi masih terjadi dan perubahan sosial yang cepat.

“Dan disinilah Peran Kesbangpol sebagai perekat utama untuk kesatuan NKRI,” ujarnya.

Menurut Samsul Bahrum, ada dua pendekatan strukturalis, yakni bersifat vertikal dan pendekatan cultural. Aproach bersifat horizontal,” tutur mantan Pjs Wali Kota Batam ini.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kepri, Lamidi, mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta dan tamu undangan yang telah hadir diacara Rakor Kesbangpol Se-Provinsi Kepri ini.

Dikatakan Lamidi, Ketua atau mewakili Pengurus FPK Kepri, FKDM, FKPT, FKUB, Mitra Kesbangpol, FKUB Bidang Keagamaan berperan besar dalam menjaga kerukunan umat beragama. FPK diketuai Datok Endi Maulidi, masalah suku aman dan damai. FPK Ini penting dalam menjaga situasi tetap kondusif.

“Hadir juga FKPT level Provinsi, Mitra Kesbangpol atasi pekat terorisme radikalisme. Untuk FKDM, peran besar berikan informasi dan sebagai Mitra Kesbangpol menjaga ketertiban, keamanan dengan tugasnya pemberian data kepada Kesbangpol,” tuturnya.

Wakil Ketua 3 DPRD Kepri, dr Afrizal Dahlan, yang diacara, menyambut baik kegiatan ini. Selama ini saling sinergi yang bagus antara Kesbangpol dengan Komisi 1.

“Kita berikan apresiasi kepada mitra kita, kegiatan yang ditetapkan berjalan baik. Agenda Pilkada dapat kita laksanakan bersama sudah selesai. Tinggal kini menjaga suasana baik ini, agar Kepala Daerah dapat bekerja dengan baik,” tutur dr Afrizal .

Semua mitra yang dibentuk diharapkan peran aktif, kejadian di daerah Makasar berupa teror bom bisa diantisipasi. “Mudah-mudahan kita punya cara untuk menangkalnya,” tuturnya.

Acara Rakor diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, yang turut dihadiri Ketua Komisi 1 DPRD Kepri, Bobby Jayanto, Wakil Ketua DPRD Kepri, Taba Iskandar SH MH, dan anggota Komisi 1 DPRD Kepri lainnya.

Selain itu, turut dihadiri Kepala Kesbangpol se-Kepri atau mewakili, jajaran Kabid dan Kasubid Kesbangpol Kepri dan Kasubid Program Kesbangpol Kepri, Apriansyah SH, FKUB, FPK, FKDM dan FKPT se-Kepri, Staf Ahli Gubernur Kepri, Eko Sumbaryadi, dan Mahadi Rahman, Kepala Biro Pembangunan Kepri, Aris Firsandi, Kepala Biro Hukum Kepri, Heri Moekhrizal, Plt Kepala DKP Kepri, Agoes Soekarno, Auditor Madya Herman Prasetya, dan Ir Isrofil. (ds)

banner 200x200
Follow