SIJORI TV

[Video] Rahma Tegaskan OPD Hindari Kegiatan Yang Manfaatnya Tidak Dirasakan Masyarakat

×

[Video] Rahma Tegaskan OPD Hindari Kegiatan Yang Manfaatnya Tidak Dirasakan Masyarakat

Sebarkan artikel ini

TANJUNG PINANG – Wali Kota Tanjung Pinang, Rahma, membuka Forum Perangkat Daerah, di Gedung Wanita Tun Fatimah, Senggarang, Tanjung Pinang, Senin, 27 Februari 2023.

Dalam arahannya, Rahma, menekankan kepada seluruh jajaran perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Tanjung Pinang untuk menghindari kegiatan-kegiatan yang hasilnya tidak dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. 

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Rahma juga mengingatkan agar penyusunan program dan kegiatan diarahkan pada penguatan ekonomi kerakyatan.

Selain itu, Rahma juga menegaskan agar perangkat daerah mempertajam usulan masyarakat yang terakomodir dalam Musrenbang di tingkat kelurahan dan kecamatan, dengan melakukan perhitungan yang cermat terhadap kemampuan dan kekuatan struktur pembiayaan yang tersedia.

“Perhatikan 5 (lima) skala prioritas di tiap-tiap kelurahan. Perangkat daerah harus mempertajam usulan masyarakat menjadi program dan kegiatan OPD. Pasca pendemi Covid, kuatkan ekonomi kerakyatan. Kurangi kegiatan-kegiatan yang tidak penting, prioritaskan kegiatan yang menyentuh langsung masyarakat,” tegas Rahma.

Forum Perangkat Daerah Kota Tanjung Pinang tersebut diikuti oleh seluruh kepala OPD, Forum RT/RW, akademisi, praktisi, dan organisasi kemasyarakatan yang mengikuti kegiatan secara langsung melalui saluran Youtube Diskominfo Kota Tanjung Pinang. 

Meski tidak dihadiri seorang pun anggota DPRD Kota Tanjung Pinang, Rahma juga minta agar OPD mampu mengakomodir pokok-pokok pikiran yang nanti akan diusulkan oleh anggota Dewan.

Forum Perangkat Daerah yang akan dipergunakan sebagai dasar penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2024 adalah dokumen perencanaan tahunan pemerintah daerah yang berindikasi pada program dan kegiatan secara terencana. 

Oleh sebab itu, Rahma menekankan pentingnya akurasi data, agar pelaksanaan program dan kegiatan tepat kepada sasaran. 

“Jangan hanya mengandalkan data yang tersedia, namun lakukan pengecekan kembali atau divalidasi. Hingga Ketika dilaksanakan nantinya, program tersebut langsung mengena ke masyarakat sasaran secara optimal,” sambung Rahma.  

Masih kata Rahma, bahwa prioritas pembangunan Kota Tanjung Pinang tahun 2024, terletak pada beberapa sektor. Antara lain, penguatan ekonomi kerakyatan dan investasi sesuai potensi daerah, peningkatan infrastruktur wilayah yang berkualitas merata dan pro lingkungan.

Kemudian peningkatan kualitas pelayanan publik reformasi birokrasi dan penciptaan ketentraman ketertiban umum, serta peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas dan berbudaya.

“Musrenbang tingkat kota minggu kedua Maret nanti, kita coba laksanakan di Mall TCC, agar masyarakat lebih banyak tahu, seperti apa proses program dan kegiatan yang akan mereka nikmati tahun depan dilaksanakan. Kedepankan asas efektif efisien, transparan dan akuntabel,” tutup Rahma. ***

(red)

banner 200x200
Follow