BATAMPEMKO BATAM

Ribuan Peserta Meriahkan Batam 10K 2024, Event Sport Tourism Andalan Kota Batam

×

Ribuan Peserta Meriahkan Batam 10K 2024, Event Sport Tourism Andalan Kota Batam

Sebarkan artikel ini
Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, melepas peserta Batam 10K 2024. (Foto : Ist)

BATAM – Ribuan peserta meriahkan Batam 10K yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, pada Minggu (14/7/2024).

“Ini merupakan event sport tourism yang menjadi daya tarik pariwisata Batam,” ujar Wali Kota Rudi.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Rudi menyatakan bahwa pihaknya terus mendukung berbagai event olahraga di Batam. Salah satu buktinya adalah pembangunan jalan lebar dengan jalur khusus bagi pesepeda dan pejalan kaki yang dapat dimanfaatkan untuk berolahraga.

“Seperti jalur pesepeda maupun pejalan kaki, silakan dimanfaatkan untuk berolahraga,” katanya.

Wali Kota Rudi juga menyampaikan apresiasi kepada para peserta Batam 10K dan mengucapkan selamat kepada para pemenang. “Semoga event ini akan terus digelar dan ke depan akan lebih baik lagi,” ujarnya.

Kepala Disbudpar Kota Batam, Ardiwinata, mengungkapkan bahwa Batam 10K diikuti oleh lebih dari 1.500 pelari. “Awalnya kami perkirakan ada sekitar 1.000 pendaftar, tapi ternyata calon peserta membeludak melebihi 1.500 orang,” ujarnya.

Lomba lari Batam 10K merupakan event tahunan yang menjadi salah satu andalan sport tourism di Kota Batam. Tahun ini adalah gelaran yang ketiga setelah sukses diadakan pada tahun 2022 dan 2023.

Ardiwinata juga berharap event ini menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan dan penggemar olahraga lari di Kota Batam. “Sejauh ini peserta asing berasal dari Singapura, Malaysia, dan India,” sebutnya.

Lomba ini dibagi menjadi tiga kategori, yaitu pelajar, umum, dan master. Event yang dinanti para pelari ini menempuh rute start dari depan Hotel Santika menuju Harmoni One Hotel, ke arah Simpang Rosdale, berbelok menuju Simpang Orchard Park, dan kembali lagi ke arah Hotel Santika melalui Simpang Bank Indonesia Kantor Perwakilan Kepri di Batam.

“Lokasi acara dipusatkan di depan Hotel Santika Batam. Sebagai penunjang acara, ada juga bazar yang berlokasi di Dataran Engku Putri,” terangnya.

Total hadiah yang disiapkan sebesar Rp 31 juta, serta hadiah hiburan berupa Umrah, sepeda motor, TV, setrika, dispenser, rice cooker, handphone, dan masih banyak lainnya. ***

(Darsih)

banner 200x200
Follow