BINTANTNI

Peringatan HUT RI Ke-79, PASMAR I YONMARHANLAN IV Kibarkan Bendera di Pulau Karang Singa

×

Peringatan HUT RI Ke-79, PASMAR I YONMARHANLAN IV Kibarkan Bendera di Pulau Karang Singa

Sebarkan artikel ini
PASMAR I YONMARHANLAN IV kibarkan Bendera Merah Putih di Pulau Karang Singa, Kabupaten Bintan. (Foto : Ist)

BINTAN – Dalam rangka menyambut peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-79 Tahun 2024, PASMAR I YONMARHANLAN IV melaksanakan upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Pulau Karang Singa, Kabupaten Bintan. Pulau yang terletak sekitar 3,70 mil laut dari Tanjung Sading, Kecamatan Bintan Utara, Kabupaten Bintan ini berbatasan langsung dengan Malaysia dan Singapura, menjadikannya salah satu titik penting dalam menjaga kedaulatan wilayah Indonesia.

Kegiatan pengibaran bendera ini dihadiri oleh puluhan kapal nelayan (pompong) yang turut serta bersama-sama mengibarkan Bendera Merah Putih di batas negara. Pemerintah Daerah, FKPD, dan jajaran terkait juga turut hadir, menegaskan komitmen bersama dalam menjaga tapal batas negara dan mempertahankan kedaulatan bangsa.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Wakil Bupati Bintan, Ahdi Muqsith, yang hadir dalam momen nasionalisme ini, menyatakan kebanggaannya dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya. Menurutnya, aksi pengibaran bendera ini sarat dengan nilai-nilai positif yang penting untuk diwariskan kepada generasi penerus bangsa.

“Apresiasi setinggi-tingginya. Ini adalah bukti komitmen kita bahwa kedaulatan NKRI, sejengkal pun akan kita jaga. Generasi muda kita perlu memahami dan memiliki semangat ini,” ujar Wakil Bupati Bintan, usai upacara pengibaran bendera pada Kamis (15/08/2024).

Wakil Bupati juga menegaskan bahwa peringatan Kemerdekaan RI harus membawa semangat baru dalam perjuangan pembangunan. Merujuk pada semboyan Bhineka Tunggal Ika, beliau menekankan pentingnya persatuan dalam keberagaman sebagai pondasi bangsa.

“Sesuai dengan tema Nusantara Baru Indonesia Maju, terdapat semangat patriotisme, nasionalisme, hingga toleransi di dalamnya. Inilah yang ingin terus kita tanamkan dalam jiwa setiap warga masyarakat,” lanjutnya.

Pengibaran Bendera Merah Putih di Pulau Karang Singa, yang merupakan salah satu gerbang utama negara, telah menjadi agenda rutin yang penuh semangat. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa bela negara dan mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga keutuhan wilayah NKRI. ***

(MU)

banner 200x200
Follow