BATAMHEADLINE

Lantamal IV Batam Evakuasi 12 ABK dari Kapal Roro KMP Tandemand yang Terbakar di Perairan Punggur Batam

×

Lantamal IV Batam Evakuasi 12 ABK dari Kapal Roro KMP Tandemand yang Terbakar di Perairan Punggur Batam

Sebarkan artikel ini
Lantamal IV Batam Evakuasi 12 ABK dari Kapal Roro KMP Tandemand yang Terbakar di Perairan Punggur. (Foto : Dispen AL)

BATAM – Lantamal IV Batam berhasil mengevakuasi 12 Anak Buah Kapal (ABK) Roro KMP Tandemand yang terbakar di sekitar Pelabuhan Punggur, Batam, Kepulauan Riau, pada Rabu (02/10/2024). Peristiwa ini terjadi sekira pukul 14.30 WIB ketika anggota Satuan Patroli (Satrol) Lantamal IV Batam yang sedang berada di dermaga melihat kepulan asap dari arah belakang Pulau Kasam.

Menyusul laporan tersebut, Lantamal IV Batam segera menghubungi Kapal Patroli TNI AL yang sedang bertugas di Perairan Piayu, yakni Patkamla Lingga. Bersama tim Fleet One Quick Response (F1QR) Lantamal IV Batam, patroli segera bergerak menuju lokasi kebakaran.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Setibanya di lokasi pada pukul 14.45 WIB, tim melihat api sudah mengepul dari anjungan KMP Tandemand yang sedang berlabuh. Berkat tindakan cepat dari Patkamla Lingga, Rigid Buoyant Boat (RBB), dan unit reaksi cepat tim F1QR, 12 orang ABK berhasil dievakuasi dengan selamat.

Menurut keterangan dari para ABK, kebakaran diduga disebabkan oleh korsleting listrik di bagian atas kapal, yang kemudian memicu kebakaran di anjungan kapal.

Kolonel Laut (P) Tony Priyo Utomo, M.Tr.Opsla, Komandan Satrol Lantamal IV Batam, menyatakan bahwa prajurit Lantamal segera berkoordinasi dengan unsur patroli dan ASDP Pelabuhan Punggur untuk memastikan evakuasi berjalan dengan cepat dan aman.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, menegaskan bahwa TNI AL akan selalu merespon cepat situasi darurat yang terjadi di masyarakat, sesuai dengan komitmen pengabdian terhadap lingkungan sekitar.

“Tindakan cepat ini menunjukkan peran penting TNI AL dalam membantu masyarakat,” ujar Laksamana Ali.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, dan tindakan cepat tim TNI AL berhasil menghindari bencana yang lebih besar. ***

banner 200x200
Follow