DAERAHHEADLINE

Tabrakan di Perairan Tanjung Buyut, Kapal MV Ibrahim Zahier Ditabrak Tongkang Nautica 13

×

Tabrakan di Perairan Tanjung Buyut, Kapal MV Ibrahim Zahier Ditabrak Tongkang Nautica 13

Sebarkan artikel ini
Kapal MV Ibrahim Zahier. (Foto : Marinetraffic)

PALEMBANG – Insiden tabrakan kapal terjadi di perairan Tanjung Buyut pada Kamis, 3 Oktober 2024, pukul 02.20 WIB. Kapal MV Ibrahim Zahier yang sedang berlabuh ditabrak oleh Tongkang Nautica 13 yang ditarik oleh kapal tunda TB Alpine Marine 13. Tabrakan ini diduga disebabkan oleh arus kuat yang menyebabkan TB Alpine Marine 13 kehilangan kendali ketika mencoba menghindari kapal tanker MT Seroja XI yang juga sedang berlabuh di area tersebut.

Menurut laporan dari Palembang VTS, kejadian ini dikonfirmasi oleh kedua belah pihak. Kronologi menunjukkan bahwa Tongkang Nautica 13 sedang menuju untuk melakukan transfer antar kapal (STS), tetapi haluan MV Ibrahim Zahier tersenggol oleh tongkang tersebut. Akibat tabrakan ini, MV Ibrahim Zahier mengalami kebocoran di bagian haluan, sedangkan Tongkang Nautica 13 mengalami kebocoran pada lambung sebelah kiri, menyebabkan kemiringan hingga 30 derajat ke arah kiri.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Walaupun kedua kapal mengalami kerusakan, baik MV Ibrahim Zahier maupun Tongkang Nautica 13 tetap dalam posisi berlabuh di depan Tanjung Buyut dan tidak mengganggu jalur pelayaran. Pihak-pihak terkait sedang berkoordinasi untuk penanganan lebih lanjut guna memastikan keselamatan dan mencegah dampak yang lebih luas dari insiden ini. ***

banner 200x200
Follow