Bawaslu Sosialisasi Pengawasan Pilkada

oleh
Bawaslu Sosialisasi Pengawasan Pilkada 1
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Anambas, menggelar Sosialisasi Pengawasan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020. (Foto : Rohadi)

Bawaslu Sosialisasi Pengawasan Pilkada

SIJORIKEPRI.COM, ANAMBAS — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Anambas, menggelar Sosialisasi Pengawasan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020, Senin, (30/12/2019).

Sosialisasi dihadiri lintas organisasi kemasyarakatan, seperti Pemuda Pancasila, dan Ikatan Jurnalis Anambas (IJA). Juga hadir Ketua Bawaslu Kepulauan Anambas Yopi Susanto, dan tokoh masyarakat. Tujuan kegiatan antara lain mencegah potensi pelanggaran Pemilu.

Komisioner Bawaslu Anambas, Bidang Penegakan Hukum, Liber Simaremare, mengatakan, sosialisasi ini bertujuan memberi informasi cara melakukan pengawasan dan penanganan pelanggaran penegakan hukum untuk penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Gubenur di Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Sosialisasi memiliki sasaran utama agar penyelenggara dan masyarakat dapat membangun suasana demi terciptanya ketertiban dan keamanan,” katanya.

Kedudukan Pengawas, telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Bab II Pasal 89 – 154 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 1 tahun 2015 Tentang Penetapan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati Dan Walikota Menjadi Undang-Undang.

Dalam Pemilihan Umum yang perlu dilakukan Pencegahan melalui Sosialisai kepada para pemangku kepentingan tentang peraturan Pilkada dan sanksinya.

”Namun, yang paling penting bagi kita semua khususnya bagi kaum milenial ada 5 (lima) syarat Pilkada atau Pemilu Berkualitas, yakni regulasi yang jelas dan tegas, Peserta Pemilu yang kompeten, Pemilih yang cerdas, Birokrasi yang netral dan Penyelenggara Pemilu yang independen dan netral,” katanya. (RD)

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *