GESER UNTUK BACA BERITA
Example 325x300
RIAU

Bersama 37 Peserta, Plt Bupati Asmar Hadiri Penas KTNA 2023 di Padang

×

Bersama 37 Peserta, Plt Bupati Asmar Hadiri Penas KTNA 2023 di Padang

Sebarkan artikel ini
Plt Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H Asmar, saat menghadiri Penas KTNA 2023 di Padang, Sumatera Barat. (Foto : Ist)

PADANG – Plt Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H Asmar, menghadiri pembukaan Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan ke 16 (Penas KTNA ke XVI) Tahun 2023 di Lapangan Udara Sutan Sjahrir, Kota Padang, Sumatera Barat, Sabtu, 10 Juni 2023. 

Pada acara Penas KTNA XVI itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti mengirim 37 orang peserta, yang terdiri dari 6 peninjau, 22 pendamping dan 19 petani dan nelayan.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Plt Bupati Asmar berharap para perwakilan dari Meranti bisa mendapatkan pengalaman, pengetahuan dan jaringan usaha, sehingga mampu memaksimalkan potensi sumber daya pertanian di daerah.

BACA JUGA :  Pj Bupati Akui, Inhil Belum Lepas Dari “MASALAH KEMISKINAN”

“Semoga petani dan nelayan kita mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru sehingga bisa dikembangkan di daerah sendiri,” kata Asmar.

Para peserta dari Meranti juga membawa hasil pertanian untuk dipamerkan dan dilihat langsung para peserta Penas KTNA, termasuk Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.

“Ini menjadi ajang temu bisnis dengan target memasarkan komoditas lokal yang kita punya,” terangnya.

Sebelumnya, Menko Perekonomian, Airlangga Hartanto, saat membuka kegiatan secara virtual menyampaikan, Indonesia telah membuktikan kemampuan dalam memenuhi kebutuhan pangan nasional. 

BACA JUGA :  Ini Riwayat Perjalanan Warga Natuna Positif COVID-19

“Dalam kondisi tidak normal akibat Pandemi Covid-19, Indonesia mampu memenuhi kebutuhan pangan sendiri,” sebutnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk mengahadapi ketegangan politik berbagai negara dan ancaman perubahan iklim, diperlukan peran aktif dan tanggung jawab semua pihak untuk meningkatkan produksi sektor pertanian.

“Agar bisa diantisipasi untuk memenuhi pangan nasional dengan cara meningkatkan produksi dan mengenalkan pangan ke negara lain sebagai komoditas ekspor,” ujar Airlangga.

Penas KTNA tahun 2023 ini mengusung tema Memantapkan Penguatan Potensi dan Posisi Tawar Komoditi Lokal untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan Berkelanjutan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045.

BACA JUGA :  3 Pelaku Curat, Residivis Perkara Narkoba dan Pencabulan Berhasil Dibekuk di Meranti

Perhelatan ini berlangsung mulai tanggal 10 sampai dengan 15 Juni 2023 dan diikuti 50 ribu peserta dari pengurus KTNA seluruh Indonesia. 

Kegiatan itu juga dihadiri langsung oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo,  

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, dan Wali Kota Padang, Hendri Septa, Ketua Umum KTNA Nasional, Yadi Sofyan Noor, serta pejabat dan undangan lainnya. ***

(Luk)