Bintan Siap Hadapi MEA

oleh

Gelar Raker Perekonomian

BINTAN (SK) – Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Bintan (Setdakab) mengelar rapat kerja perekonomian dengan tema kesiapan pemerintah kabupaten bintan dalam menghadapai masyarakat ekonomi asean (MEA) 2015.

Kegiatan ini berlangsung selama satu hari bertempat di hotel Sahid Raya Bintan Kecamatan Gunung Kijang, Selasa (30/9).

Staf Ahli Bidang Pembangunan Pemkab Bintan Elizar Juned membacakan sambutan Bupati Bintan mengatakan, salah satu yang mengemuka terkait dengan implementasi masyarakat ekonomi asean (MEA) 2015 adalah kesiapan sumber daya manusia (SDM).

Dikatakan, SDM tidak hanya mereka yang berkerja di pemerintahan, melaikan juga termasuk yang bergerak dibidang usaha, khususnya berkerja di sketor usaha kecil menegah (UKM) dan informal.

“Saat ini eksistensi UKM memang tidak diragukan lagi karena terbukti mampu bertahan dan menjadi roda pengggerak perekonomian terutama pasca krisis ekonomi.

Namun harus disadari pula bahwa UMKM juga menghadapi banyak permasalahan yaitu terbatasnya mobal kerja untuk usaha, kapasitas SDM yang masih tendah dan minimnya penguasaan ilmu pengetahuan serta tehnologi,” terangnya.

BACA JUGA  Bintan Kembali “RAIH WTP”

Mengantisipasi pemberlakuan masyarkat ekonomi asean (MEA) 2015 mendatang lanjut Elizar, penguatan kapasitas SDM di daerah sangatlah penting.

Penguatan ini tidak sekedar memberikan pelatihan, jauh lebih penting lagi adalah menyiapkan dukungan infrastruktur dan suprastruktur yang cukup agar pelaku usaha kecil menengah dapat bekembang dan siap dalam menghadpai pasar bebas di tingkat regional.

Dan memanfaatkan pertumbuhan ekonomi daerah melalui kekuatan ekonomi kelautan, pertanian dan industri pengolahan serta pariwisata yang ada di kabupaten bintan.

“Langka-langkan yang perlu di lakukan adalah mendorong perkembangan ekonomi lokal dengan memfaatkan potensi dan sumber daya lokal, pro aktif untuk lebih meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan, mendorong produk unggulan sehingga dapat bersaing dengan daerah tetangga kita,” papar Elizar.

Kepala Bagian Administrasi dan Perekonomian Setdakab Bintan Eddy Mulyanto dalam laporannya mengatakan, tujuan kegiatan ini dilaksanakan adalah untuk melaksanakan koordinasi, sinkornisasi dan asistensi antara instansi dalam membahas tentang kesiapan Pemda dalam menghadapi masyarakat ekonomi Asean (MEA) 2015.

Dia menyebutkan, kegiatan diikuti sebanyak 60 orang yang terdiri dari dinas dan instansi yang ada di Kabupaten Bintan. Panitia juga mengundang nara sumber dari Direktorat kerjasama Asean Kementerian Perdagangan Republik Indonesia Ali Akbar Hehaitu dan Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bintan. (SK-002)

BACA JUGA  Pelansir Solar di Bintan Kembali Marak
 

No More Posts Available.

No more pages to load.