Pasar Ikan Dabo Singkep Telah Rampung

oleh

LINGGA (SK) — Pembanguan pasar ikan dan pasar sayur Dabo Singkep, telah rampung pengerjaannya, saat ini hanya tinggal memfungsikan kembali pasar tersebut. Kedua pasar ini memang harus selesai bulan November dan paling lambat bulan Desember, sempat terdengar dari masyarakat dan pedagang bertanya-tanya, kapan pasar ini akan difungsikan.

Razwin Abdullah, Kabid perdagangan Dalam Negeri, menuturkan, Secara fisik pembanguan pasar ikan dan pasar sayur telah selesai pembangunannya, hanya saja ada proses administrasi, paling tidak adanya penyerahan dari Pemerintah Daerah Provinsi ke Pemerintah Daerah Kabupaten Lingga, itu antara Sekda Provinsi dengan Sekda Lingga, seterusnya dari Sekda akan meneruskan ke SKPD Disperindagkops Lingga.

“Kalau tidak berubah, rencananya pada 20 November 2015 ini, Penjabat Bupati Lingga, Edi Irawan, akan menandatangani prasasti pasar tersebut di Daik Lingga, sempena ulang tahun ke-12 Kabupaten Lingga,” terangnya, kepada Sijori Kepri, Senin (16/11/2015), diruang kerjanya.

Diawal Desember nanti, tutur Razwin, kita akan mengadakan pertemuan antara pedagang pasar dan disperindagkops, yang bertujuan untuk membentuk pengelola, yang dalam pengelolaan tersebut akan melibatakan lima unsur, antara lain, Pemerintah, Disperindag/Kecamatan, pedagang, RT/RW dan tokoh masyarakat. Karena merekalah yang nantinya akan mengelola pasar ikan sendiri, dan pasar sayur sendiri, jika ada permasalahan merekalah yang akan menyelesaikannya, kita hanya mengawasi saja, jika memang mereka meminta kita untuk juga memecahkan permasalahan yang ada, baru kita masuk.

“Dan nantinya, setelah kedua pasar ini difungsikan, kita minta tidak ada lagi pedagang yang berjualan didepan pasar, semua pedagang kita minta untuk berjualan didalam, kita telah merencanakan, untuk pasar ikan menjual barang basah, seperti, ikan, ayam dan daging, sementara pasar sayur, menjual sesuai fungsinya. Selain itu, kita juga akan bekerjasama dengan pihak Satpol PP, karena untuk ketertiban dan pengaturannya, itu domennya Satpol PP, harapan kita ke depannya, tidak ada lagi pedagang yang berjualan didepan pasar ikan agar semuanya lebih rapi,” paparnya.

Sementara itu, dikonfirmasi terpisah, Camat Singkep, H Kisanjaya, menyampaikan, setelah pasar ikan dan pasar sayur difungsikan, dan para pedagang kembalikan semula ke pasar lama yang telah siap pengerjaannya, kita minta kepada pihak Disperindagkops agar semua pedagang harus pindah, tidak ada lagi pedagang yang tinggal dipasar relokasi.

“Kita telah meminta, agar para pedagang tidak ada lagi yang berjualan dipasar relokasi, tempat tersebut harus dirapikan semula, karena pasar relokasi merupakan aset yang harus kita jaga, jadi tempat tersebut akan kembali dikunci dan pagar yang dirubuh warga harus pasang kembali,” imbuhnya. (SK-Pus)

LIPUTAN LINGGA : PUSPANDITO
EDITOR : DEDI YANTO

Pasar ikan Dabo Singkep yang telah selesai pembangunannya (Foto: Puspandito)
Pasar ikan Dabo Singkep yang telah selesai pembangunannya
(Foto: Puspandito)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.