, ,

32 Anak Tanjung Riau Ikuti Khitanan Gratis LMB Kepri

oleh
Ketua LMB Kepri, Datok Panglima Azman Zainal SH, bersama para peserta Khitanan Gratis di Kelurahan Tanjung Riau, Kecamatan Sekupang, Batam. (Foto : Taufik)

Sijori Kepri, Batam — Laskar Melayu Bersatu (LMB) Kepulauan Riau bersama DPC LMB Sekupang, Kejari Karimun, sijorikepri.com, siagaonline.com, dan PPNI, bekerjasama dengan Pemuda Pemudi Tanjung Riau dan UPT Pukesmas Kelurahan Tanjung Riau, Kecamatan Sekupang, Batam, menggelar kegiatan bakti sosial berupa khitanan secara gratis, yang diikuti sebanyak 32 peserta, pada Sabtu, (20/03/2021), di Posyandu Tanjung Riau, dan Minggu, (21/03/2021), di Puskesmas Pembantu Tanjung Riau Batam.

Kegiatan khitanan massal ini sebagai upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat dari aspek kesehatan. terutama kesehatan reproduksi sedini mungkin saat masih anak-anak. Tak hanya itu, sunat juga bermanfaat untuk menjaga kebersihan, menurunkan risiko infeksi saluran kemih, serta mencegah terjadinya kanker dan penularan penyakit kelamin lainnya.

BACA JUGA  Warga Perum Bella Vista Tidak Terima Suaminya Jadi Tersangka

Ketua LMB Kepri, Datok Panglima Azman Zainal SH, dalam sambutannya mengapresiasi atas diselenggarakannya kegiatan ini, dan mengucapkan terima kasih kepada Supandi, Ketua RT 02 RW 02 Kampung Tua, Tanjung Riau, bekerja-sama dengan Organisasi Pemuda Melayu Tanjung Riau dan paramedis dari Pukesmas Pembantu Kelurahan Tanjung Riau, Batam, yang telah meluangkan waktu untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan yang memiliki misi sosial kemanusiaan ini.

“Bakti Sosial khitanan LMB Kepri ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Mudah-mudahan kegiatan mulia ini bermanfaat bagi masyarakat, khususnya bagi anak-anak dan dapat meringankan beban para orang tua,” kata Datok Azman, Minggu, (21/03/2021).

Masih kata. Datok azman, pada saat ini, bersunat tidak lagi dipandang sebagai kewajiban menurut agama tertentu saja, tetapi sudah umum dan merupakan kebutuhan kesehatan. Karena itu, diharapkan anak-anak yang disunat sudah memahami akan pentingnya kesehatan dan kebersihan diri. 

“Khitanan gratis ini juga bisa diikuti semua Umat. Ada juga non muslim yang kita khitan secara gratis. Bagi laki-laki, sunat berfungsi mempermudah proses pembersihan fisik, sedang untuk kita yang muslim sebagai salah satu syarat sah ibadah, serta mencegah beberapa penyakit kelamin,” paparnya.

BACA JUGA  Diduga Judi Berkedok Lotto di Pujasera Padimas Berjalan Aman

“Kemudian, Diminta kepada para dokter, paramedis dan tenaga pendukung kesehatan lainnya, agar melaksanakan tugas secara sungguh-sungguh dan perhatikan mutu pelayanan sunatan ini, sehingga tidak ada keluhan dari masyarakat yang menerima pelayanan sunatan,” tutup Datok Azman.

Sementara itu, Supandi, Ketua RT 02 RW 02 Kampung Tua, Tanjung Riau, mengatakan, mengingat kegiatan Khitanan yang diselenggarakan oleh Laskar Melayu Bersatu Kepri ini secara langsung menyentuh kepentingan masyarakat, apalagi disaat masa pandemi Covid-19 ini.

“Maka saya atas nama masyarakat Tanjung Riau yang telah menerima pelayanan kesehatan, khususnya sunatan gratis program dari Laskar Melayu Bersatu Kepri mengucapkan banyak terima kasih dan dapat memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya,” kata Supandi.

Dalam kegiatan tersebut tetap diterapkan prokes, yang turut dihadiri Tokoh Masyarakat Tanjung Riau, Ketua RT/RW setempat, Panglima Bungsu DPC LMB Sekupang, Tim Medis PPNI dan Medis Pukesmas Pembantu Tanjung Riau, serta  Masyarakat Tanjung Riau Batam. (Wak Fik)

No More Posts Available.

No more pages to load.