81 Pelaku UMKM Kuliner Kepri Ikuti Diklat Manajemen Ekspor

oleh
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kepri, Agusnawarman, bersama narasumber dan peserta Diklat peningkatan pemahaman dan pengetahuan UMKM, serta kapasitas kompetensi SDM UMKM. (Foto : Ist)

Sijori Kepri, Tanjung Pinang — Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kepri menggelar pendidikan dan pelatihan (Diklat) peningkatan pemahaman dan pengetahuan UMKM, serta kapasitas kompetensi SDM UMKM.

Kegiatan Diklat Seri Pertama yang berfokus kapada manajemen ekspor itu, diikuti 81 pelaku UMKM Sektor Kuliner, di Hotel Aston, Tanjung Pinang, Senin, Senin, 20 Juni 2022. 

Hadir sebagai narusumber antara lain, CEO Central Asia and Southeast Asia Business Chamber, Rudi Fang, Central Asia and Southeast Asia Business Chamber Singapore, Fred dan CEO Wakaf Preneur Institute, Agung Prijo Nugroho. 

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kepri, Agusnawarman, menyampaikan, dalam diklat ini para peserta tidak hanya dituntut menyerap ilmu disampaikan pemateri, tetapi juga terlibat langsung dalam proses kurasi oleh narasumber terhadap produk makanan yang dihasilkan. 

“Ini agar produk makanan yang dihasilkan, khususnya makanan khas daerah kita punya potensi untuk dijual di pasar luar negeri,” jelas Agusnawarman. 

Agusnawarman berharap, dari kegiatan ini produk makanan dihasilkan oleh pelaku UMKM Kuliner di Kepri bisa bersaing di pasar luar negeri. 

BACA JUGA  Buka Public Hearing dan Temu Konsultasi PPH, Gubernur Ansar Dorong Seluruh UMKM Kepri Tersertifikasi Halal

Kegiatan ini, sebutnya, menjadi jalur meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kepri dari UMKM. 

Agus menambahkan, sejumlah langkah strategis telah diupayakan pihaknya dalam pengembangan UMKM di Kepri. 

Diantaranya bantuan subsidi bunga margin nol persen bagi pelaku usaha yang membutuhkan modal dengan target 1.000 pelaku usaha, digitalisasi koperasi dan UMKM, penumbuhan relawan digital, penerbitan sertifikasi halal, pembentukan koperasi dan peningkatan kualitas koperasi, serta pelatihan sebagaimana dilaksanakan hari ini. (Red)

Shares