BINTANJABODETABEK

Bupati Bintan Satu-Satunya Bupati/Wali Kota di Kepri Penerima Penghargaan BAZNAS Awards 2024

×

Bupati Bintan Satu-Satunya Bupati/Wali Kota di Kepri Penerima Penghargaan BAZNAS Awards 2024

Sebarkan artikel ini
Bupati Bintan, Roby Kurniawan, menerima Penghargaan BAZNAS Awards 2024 dari BAZNAS RI. (Foto : Ist)

JAKARTA — Bupati Bintan, Roby Kurniawan, menerima Penghargaan BAZNAS Awards 2024 dalam kategori Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik dari BAZNAS RI.

Penghargaan BAZNAS Awards 2024 tersebut diserahkan langsung oleh Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA, kepada Bupati Bintan, Roby Kurniawan, di Ballroom Hotel Bidakara, Jakarta, pada Kamis (29/2/2024).

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Penghargaan ini merupakan momen bersejarah karena Bintan menjadi satu-satunya Kabupaten/Kota di Kepulauan Riau yang meraih penghargaan tersebut.

Bupati Roby telah melakukan inovasi dan terobosan yang luar biasa dalam pengelolaan zakat. Melalui Peraturan Bupati Bintan Nomor 25 Tahun 2023, diatur tentang Optimalisasi Pengumpulan Zakat Penghasilan, Infaq, dan Sedekah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bintan. Regulasi ini menjadi dasar pengumpulan zakat dari para ASN di Kabupaten Bintan.

Bupati Roby bersama Ketua BAZNAS Kabupaten Bintan, Suryono, mengucap syukur bahwa segala upaya yang dilakukan telah menghantarkan Bintan sebagai satu-satunya Kabupaten/Kota di Kepri yang menerima penghargaan tersebut.

Bupati Roby sendiri telah mewakafkan seluruh gajinya kepada BAZNAS untuk dikelola dan disalurkan kepada Mustahik Zakat sejak pertama dilantik. Ini menunjukkan komitmennya yang tinggi terhadap pengelolaan zakat.

“Alhamdulillah, ini bonus sekaligus bukti bahwa potensi zakat di Bintan cukup besar dan memiliki banyak manfaat jika dikelola dengan tepat. Semua inovasi yang ada akan terus kita lanjutkan dan kedepan akan dimaksimalkan lagi beberapa terobosan dalam pengumpulan dan pendistribusian zakat,” ucap Bupati Roby.

Penghargaan yang sama juga diterima oleh Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, atas dukungannya terhadap BAZNAS Kepri. BAZNAS Awards 2024 memberikan penghargaan kepada 18 Gubernur, 58 Bupati, dan 25 Wali Kota di seluruh Indonesia.

BAZNAS Bintan mencatat prestasi yang luar biasa dengan berhasil menghimpun ZIS sebesar Rp 2,1 miliar pada tahun 2023, meningkat dari rata-rata sebelumnya Rp 600 juta setiap tahunnya. Dana zakat tersebut didistribusikan kepada delapan asnaf melalui program pemberdayaan ekonomi masyarakat, bantuan kesehatan, pendidikan, sosial keagamaan, santunan anak yatim, pembinaan muallaf, dan bantuan bagi Panti Asuhan.

Selain itu, BAZNAS Bintan bersama TP PKK Bintan melakukan kegiatan berkeliling kecamatan untuk mendistribusikan paket bantuan kepada dhuafa dan anak-anak yang berisiko stunting, menunjukkan komitmen dalam pemberdayaan sosial dan kemanusiaan. ***

(Red)

banner 200x200
Follow