TANJUNG PINANG

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tanjung Pinang Gelar Pelatihan Eco Print, Dihadiri Langsung Ketua TP PKK Kota Tanjung Pinang

×

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tanjung Pinang Gelar Pelatihan Eco Print, Dihadiri Langsung Ketua TP PKK Kota Tanjung Pinang

Sebarkan artikel ini
Ketua TP PKK Kota Tanjung Pinang, Efa Sri Nurlatifah Khifayana Andri, bersama Metya Yulianti, Saparilis, Juraini, Yatim dan peserta pelatihan Eco Print. (Foto : Ist)

TANJUNG PINANG – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tanjung Pinang menggelar pelatihan Eco Print yang dihadiri langsung oleh Ketua TP PKK Kota Tanjung Pinang, Efa Sri Nurlatifah Khifayana Andri, yang juga istri dari Pj Wali Kota Tanjung Pinang, Andri Rizal. Pelatihan ini diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari ibu-ibu PKK Kecamatan dan Kelurahan serta Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Kegiatan tersebut berlangsung di aula Kantor Camat Tanjung Pinang Timur pada Rabu (10/7/2024) pagi.

Kepala Dinas Perpustakaan Kota Tanjung Pinang, Metya Yulianti, menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran para peserta dan tamu undangan. Metya menekankan bahwa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tanjung Pinang terus berupaya meningkatkan peran dan fungsi perpustakaan sebagai wahana belajar sepanjang hayat.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

“Melalui pelatihan ini, kami berharap dapat memberikan manfaat ekonomi yang tinggi. Eco print bisa menghasilkan berbagai produk seperti busana, syal, selendang, tas, kerudung, sandal, dan interior yang memiliki nilai ekonomi tinggi karena semakin rumit motif dan semakin kreatif prosesnya,” ujar Metya.

Selain itu, Metya menambahkan bahwa eco print memiliki dampak positif terhadap lingkungan karena menggunakan bahan-bahan alami seperti bunga, umbi, dan daun, sehingga membantu menjaga kualitas air dan mengurangi limbah kimiawi.

“Oleh karena itu, kepada para peserta, ikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, karena eco print dapat menambah kesejahteraan dan meningkatkan ekonomi keluarga,” pungkas Metya.

Kegiatan eco print ini merupakan bagian dari upaya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tanjung Pinang untuk melaksanakan perubahan paradigma fungsi perpustakaan melalui transformasi berbasis inklusi sosial, dengan harapan perpustakaan dapat menjadi lebih relevan dan bermanfaat bagi masyarakat.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para peserta dapat memperoleh keterampilan baru yang dapat diaplikasikan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dan memberikan dampak positif bagi lingkungan.

Turut hadir pada acara itu, Asisten Pemko Tanjung Pinang Drs Yatim, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tanjung Pinang Dr Metya Yulianti MT, Ketua PKK Tanjung Pinang Timur, Juraini, Camat Tanjung Pinang Timur Saparilis S.Ag M.Si, serta para undangan lainnya. ***

(ds)

banner 200x200
Follow