NATUNA

Kapal Ferry KM Pulau Senoa Tiba di Natuna

×

Kapal Ferry KM Pulau Senoa Tiba di Natuna

Sebarkan artikel ini

– Siap Layani Penumpang Antar Pulau.

NATUNA (SK) — Kapal Ferry KM Pulau Senoa, bantuan dari Kementerian Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (KPDT Trans) tiba di Natuna, Senin, (07/03/2016). Kapal tersebut langsung disandarkan di Pelabuhan Penagi Ranai, Kecamatan Bunguran Timur.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Kabid Perhubungan Laut Dishubkominfo, Said Lukman, menjelaskan, kapal bantuan tersebut diadakan pada APBN tahun 2015 lalu kepada sejumlah daerah secara nasional. Hanya saja kapal tersebut baru dapat didatangkan ke daerah, karena adanya kendala teknis pengiriman.

“Sedianya kapal ini adanya sejak tahun lalu, tapi karena ada kendala teknis pengiriman seperti kendala cuaca dan lain sebagainya, jadi agak telat. Kapalnya berlayar dari Jakarta sejak 2 minggu lalu, tapi karena cuaca kurang bersahabat jadi banyak mampir di sejumlah daerah sambil menunggu cuca teduh,” kata Said, di Pelabuhan Penagi, saat menyambut kedatangan kapal tersebut.

Kapal bantuan itu berbahan dasar fiber dengan kapasitas 50 kursi tempat duduk penumpang, dengan kecapatan maksimal 20 knot. Kapal itu akan dipergunakan pemerintah untuk melayani pelayaran antar pulau, sehingga pelayaran dalam daerah bisa lebih lancar.

“Kapalnya lumayan besar dan cepat, nanti kita pergunakan untuk mobilisasi penumpang antar pulau. Kapal ini juga bisa menjadi kapal pendukung bagi kapal Roro bila sudah beroperasi,” terang Said.

Mengenai jadwal operasi, Said mengaku pihaknya belum bisa menentukannya, kerena masih menunggu kepastian anggaran pada tahun berjalan.

“Mengenai jadwal dan rute pelayarannya kita belum bisa plot, karena kita belum menerima kepastian anggaran. Kalau sudah ada kepastian anggaran kapal ini akan segera kita operasikan,” pungkasnya. (SK-Im)

 

banner 200x200
Follow